Digelar Virtual, KTT G20 Fokus Pada Pandemi Virus Corona Dan Pemulihan Krisis Ekonomi

Bendera Arab Saudi berkibar menjelang pembukaan KTT G20, tahun ini/Net

Arab Saudi menjadi tuan rumah KTT G20 pada Sabtu (21/11) waktu setempat, yang kali ini akan diselenggarakan dengan forum virtual yang akan berfokus pada upaya untuk mengatasi pandemi virus corona dan krisis ekonomi yang tengah melumpuhkan dunia.

KTT, yang biasanya merupakan kesempatan untuk pertemuan satu lawan satu antara para pemimpin dunia, direduksi menjadi sesi online singkat karena berbagai keterbatasan akibat pandemi yang masih melanda sebagian besar wilayah di dunia.

Pertemuan itu akan dipimpin langsung oleh Raja Salman, sumber yang dekat dengan penyelenggara mengatakan perubahan iklim adalah salah satu masalah lain yang akan menjadi agenda utama.

Para pemimpin dunia, mulai dari Kanselir Jerman Angela Merkel hingga Presiden China Xi Jinping dan pemimpin Rusia Vladimir Putin, diperkirakan akan berpidato di KTT tersebut, kata sumber tersebut.

Seorang pejabat AS juga telah mengkonfirmasi bahwa Presiden Donald Trump akan ikut berpartisipasi dalam forum tahunan tersebut.

Negara-negara G20 telah menyumbangkan lebih dari 21 miliar dolar AS untuk memerangi pandemi, yang telah menginfeksi 56 juta orang secara global dan menyebabkan 1,3 juta orang tewas, dan menyuntikkan dana sebesar 11 triliun dolar AS untuk ‘melindungi’ ekonomi dunia yang dilanda virus, kata penyelenggara.

“KTT itu akan berupaya memperkuat kerja sama internasional untuk mendukung pemulihan ekonomi global,” kata Menteri Keuangan Saudi Mohammed al-Jadaan, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (21/11).

Para pemimpin G20 saat ini tengah menghadapi tekanan yang meningkat untuk membantu mencegah kemungkinan gagal bayar kredit di negara berkembang.

Minggu lalu, menteri keuangan G20 mengumumkan kerangka umum untuk rencana restrukturisasi hutang yang diperpanjang untuk negara-negara yang dilanda virus, tetapi kelompok kampanye menggambarkan langkah itu tidak cukup.

Negara-negara konstituen memperpanjang inisiatif penangguhan utang untuk negara-negara berkembang hingga akhir Juni tahun depan. Namun Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak para pemimpin G20 untuk menawarkan komitmen tegas untuk memperpanjang inisiatif tersebut hingga akhir 2021.

Negara-negara G20 juga harus membantu menutup celah pendanaan sebesar 4,5 miliar dolar AS dalam apa yang disebut ACT-Accelerator - sebuah program yang mempromosikan distribusi vaksin Covid-19 yang adil - untuk mengendalikan pandemi, kata pernyataan bersama yang ditandatangani oleh perdana menteri Norwegia, Presiden Afrika Selatan, kepala Uni Eropa dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Direktur pelaksana Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva telah memperingatkan bahwa ekonomi global menghadapi jalan yang sulit kembali dari penurunan Covid-19 bahkan ketika vaksin sudah mulai terlihat.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, seorang pembela Trump yang setia, akan hadir di Arab Saudi selama KTT.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Farah ZoomTalk Spesial Ramadhan • Salam sehat, bahagia penuh kegembiraan

Rabu, 05 Mei 2021
Video

Indonesia Bangkit Pembangunan Ekonomi

Kamis, 06 Mei 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Tragedi Nanggala, Lalu Apa?

Kamis, 06 Mei 2021

Artikel Lainnya

Pashinyan: Rusia Banyak Mengulurkan Tangan Untuk Armenia, Mulai Dari Perdamaian Hingga Pandemi
Dunia

Pashinyan: Rusia Banyak Meng..

07 Mei 2021 06:26
Blinken:  Kami Tidak Mengatakan Anda Harus Memilih China Atau AS, Tapi Barat Perlu Berhati-hati
Dunia

Blinken: Kami Tidak Mengata..

07 Mei 2021 06:02
'Tsunami' Covid-19 India Bikin Waswas, Negara Tetangga Kompak Tutup Perbatasan
Dunia

'Tsunami' Covid-19 India Bik..

06 Mei 2021 22:26
Geser Spanyol Dan AS, China Jadi Pasar Teratas Cerutu Legendaris Kuba
Dunia

Geser Spanyol Dan AS, China ..

06 Mei 2021 17:33
Trump Diusir Lagi, Twitter Tangguhkan Akun 'From the Desk of Donald J. Trump'
Dunia

Trump Diusir Lagi, Twitter T..

06 Mei 2021 17:31
Bolsonaro: Rusia Dan Putin Sangat Menarik Untuk Brasil
Dunia

Bolsonaro: Rusia Dan Putin S..

06 Mei 2021 15:37
Disuntik Vaksin Sinopharm Tanpa Izin, Duterte: Jangan Ikuti Saya, Berbahaya!
Dunia

Disuntik Vaksin Sinopharm Ta..

06 Mei 2021 15:29
Laju Pandemi Belum Terkendali, Gubernur Tokyo Pertimbangkan Opsi Perpanjangan Keadaan Darurat
Dunia

Laju Pandemi Belum Terkendal..

06 Mei 2021 15:08