Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di KTT G20, Jokowi Dorong Bantuan Vaksin Covid-19 Hingga Restrukturisasi Utang Bagi Negara Berkembang Dan Miskin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 November 2020, 09:07 WIB
Di KTT G20, Jokowi Dorong Bantuan Vaksin Covid-19 Hingga Restrukturisasi Utang Bagi Negara Berkembang Dan Miskin
Presiden Joko Widodo yang mengikuti KTT G20 secara virtual/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo telah mengikuri rangkaian kegiatan KTT G20 pada hari pertama yang digelar secara virtual pada Sabtu malam (21/11) waktu Indonesia.

Dari Istana Kepresidenan Bogor, Jokowi mendesak kepemimpinan negara-negara G20 untuk keluar dari krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Dunia saat ini melihat dan menanti pertemuan para pemimpin negara G20 untuk keluar dari krisis kesehatan dan keterpurukan ekonomi," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menggemakan pernyataan Jokowi, dalam konferensi pers seusai acara.

Retno menuturkan, Jokowi membahas sejumlah hal terkait dalam pertemuan tersebut.

"Presiden mengatakan, dunia tidak akan sehat kecuali semua negara sudah sehat, dan vaksin adalah salah satu amunisinya. Vaksin harus dapat diakses dan tersedia bagi semua negara tanpa terkecuali," kata Retno.

Untuk itu, Retno mengatakan, Jokowi mendorong adanya mobilisasi pendanaan global dan komitmen politik negara-negara G20 terhadap pemulihan kesehatan.

Hal lainnya yang dibahas oleh Jokowi adalah pemulihan ekonomi dunia. Di mana ia menuturkan, Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) telah meminta dukungan dana sebesar 2,5 triliun dolar AS agar negara berkembang mampu keluar dari keterpurukan ekonomi.

Terkait persoalan tersebut, Jokowi juga menyerukan pentingnya bantuan restrukturisasi utang untuk negara berpendapatan rendah.

"Pentingnya bantuan restrukturisasi utang untuk negara berpendapatan rendah, terutama dari negara pemberi utang yang besar," tutur dia.

"Tanpa bantuan G20, negara berkembang dan Least Developed Countries (LDCs) tidak mudah untuk pulih dari pandemi dan keterpurukan eonomi," pungkasnya.

KTT G20 tahun ini dipimpin oleh Arab Saudi dan berlangsung selama dua hari. Retno menyebut, Jokowi juga akan mengikuti rangkaian KTT G20 pada Minggu (22/11). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA