Farah.ID
Farah.ID

'Pengganti' Pasukan Yang Ditarik, AS Kirim Bomber B-52 Ke Timur Tengah

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 November 2020, 09:52 WIB
'Pengganti' Pasukan Yang Ditarik, AS Kirim Bomber B-52 Ke Timur Tengah
Pesawat bomber strategis, B-52/Net
Amerika Serikat (AS) mengirim pesawat bomber strategis B-52 ke Timur Tengah seiring dengan rencana Presiden Donald Trump untuk menarik sebagian pasukan dari Afganistan.

Komando Pusat AS dalam pernyataan yang dirilis pada Sabtu (21/11) mengumumkan telah mengerahkan B-52 untuk memperkuat Angkatan Udara AS di kawasan tersebut, mencegah agresi, dan meyakinkan mitra.

Komandan Angkatan Udara AS ke-9, Letnan Jenderal Greg Guillot mengatakan, misi tersebut dilakukan oleh awak udara dengan pemberitahuan singkat.

"Misi ini membantu awak pesawat bomber mendapatkan keakraban dengan wilayah udara dan komando kawasan," kata Guillot.

"Fungsi kontrol memungkinkan mereka untuk berintegrasi dengan teater AS dan aset udara mitram meningkatkan kesiapan keseluruhan pasukan gabungan," sambungnya.

Pengerahan B-52 dilakukan seiring dengan pengumuman Trump pada Selasa (14/11) untuk menarik pasukan AS di Afganistan dan Irak pada 15 Januari. Nantinya, AS hanya akan memiliki 2.500 pasukan di Afganistan.

Selain itu, pada Sabtu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga melakukan kunjungan ke Qatar, di tengah negosiasi perdamaian antara Taliban dan pemerintah Afganistan.

ARTIKEL LAINNYA