Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pejabat Top AS Berkunjung, Taiwan Ogah Sebut Nama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 22 November 2020, 22:27 WIB
Pejabat Top AS Berkunjung, Taiwan <i>Ogah</i> Sebut Nama
Seorang pejabat Amerika Serikat berkunjung ke Taiwan akhir pekan ini/Net
rmol news logo Taiwan semakin merapat ke Amerika Serikat. Hal itu agaknya dapat terlihat dari kunjungan seorang pejabat Amerika Serikat ke negara pulau itu akhir pekan ini.

Dalam sebuah pernyataan singkat, Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan bahwa seorang pejabat Amerika Serikat tiba di Taiwan pada Minggu (22/11).

Pernyataan itu menyebut bahwa sering terjadi interaksi antara Taiwan dan Amerika Serikat.

"Kami menyambut kunjungan pejabat Amerika Serikat," begitu kutipan pernyataan tersebut.

"Tapi karena rencana perjalanan ini belum dipublikasikan, berdasarkan rasa saling percaya antara Taiwan dan Amerika Serikat, Kementerian Luar Negeri tidak memiliki penjelasan atau komentar lebih lanjut," tambah pernyataan yang sama, seperti dimuat Reuters.

Tidak dijelaskan lebih lanjut siapa pejabat yang berkunjung dan apa agenda yang dibawanya.

Tapi sebelumnya ada desas-desus di media setempat yang menyebut bahwa pejabat Amerika Serikat yang berkunjung adalah kepala CIA Gina Haspel. Namun pihak Kementerian Luar Negeri Taiwan, dalam pernyataan terpisah, membantah desas-desus tersebut.

Perwakilan de facto Amerika Serikat di Taipei juga tidak memberikan komentar apapun mengenai hal tersebut. Sehingga siapa pejabat Amerika Serikat yang datang masih jadi tanda tanya besar.

Namun, media Taiwan United Daily News menerbitkan foto-foto jet pribadi tidak bertanda, yang diidentifikasi sebagai pesawat militer Amerika Serikat. Jet pribadi itu tiba di bandara Songshan di pusat kota Taipei.

Selain itu, kabarnya tampak seperti para pejabat menunggu di terminal VIP.

Sementara itu, data di situs web pelacakan penerbangan planefinder.net menunjukkan penerbangan pribadi tersebut tiba dari Hawaii ke bandara Songshan Minggu sore (22/11), tidak lama sebelum United Daily News menerbitkan gambar-gambar itu di situs webnya.

Diketahui bahwa Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara lainnya, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan yang diklaim oleh China. Namun Amerika Serikat tetapi merupakan pendukung dan pemasok senjata internasional terpenting di pulau tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA