Farah.ID
Farah.ID

Peringatan: Jangan Biarkan Rusa Menjilat Mobil Anda!

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 22 November 2020, 22:50 WIB
Peringatan: Jangan Biarkan Rusa Menjilat Mobil Anda!
Peringatan yang dipasang di sejumlah lokasi di kota Jasper, Kanada/Net
Tanda peringatan yang kerap dipasang di jalan atau sejumlah lokasi, biasanya merupakan imbauan agar setiap orang waspada dan berhati-hati.

Namun di sebuah kota pegunungan bernama Jasper, yang terletak  di provisi Alberta, Kanada, ada sebuah peringatan unik yang akan mungkin membuat sebagian orang bertanya-tanya saat melihatnya.

Pejabat di Jasper memasang tanda peringatan di sejumlah jalan dan lokasi yang berbunyi "Jangan biarkan rusa menjilat mobil Anda!".

Ini bukan semacam kesalahan tulis, namun benar adanya seperti itu. Tentu bukan tanpa alasan mengapa tanda seperti itu dipasang.

Pasalnya, di wilayah tersebut banyak populasi rusa. Sedangkan rusa menyukai garam karena itu merupakan salah satu hal yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh mereka.

"Mereka (rusa) terobsesi dengan garam, itu salah satu hal yang mereka butuhkan untuk mineral dalam tubuh mereka," kata juru bicara Taman Nasional Jasper Steve Young kepada CNN.

"Mereka biasanya mendapatkannya (garam) dari danau garam di taman, tapi sekarang mereka menyadari bahwa mereka juga bisa mendapatkan garam jalanan yang terciprat ke mobil," sambungnya.

Peringatan itu dibuat karena umumnya di Taman Nasional Jasper, orang kerap parkir di pinggir jalan dengan harapan bisa melihat rusa besar. Karena itulah, dengan peringatan tersebut diharapkan agar pengendara menyadari bahaya yang muncul jika membiarkan rusa berkeliaran di dekat mobil mereka.

Dengan membiarkan rusa menjilat garam dari mobil Anda, mereka akan terbiasa berada di sekitar mobil. Hal tersebut menimbulkan risiko bagi hewan dan pengemudi yang secara tidak sengaja dapat menabrak mereka.

"Rusa dan mobil bukanlah perpaduan yang baik," kata Young.

"Cara terbaik untuk menghentikan rusa agar tidak mendekati mobil Anda adalah dengan pergi saat Anda melihat mereka mendekat," tambahnya.

ARTIKEL LAINNYA