Farah.ID
Farah.ID

WHO Waswas, Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19 Menanti Di Awal 2021

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 22 November 2020, 23:17 WIB
WHO Waswas, Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19 Menanti Di Awal 2021
WHO khawatir ancaman gelombang ketiga Covid-19 menanti Eropa awal tahun 2021 mendatang/Net
Utusan khusus Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk urusan Covid-19, David Nabarro mengaku khawatir bahwa gelombang ketiga pandemi Covid-19 siap menanti di Eropa pada awal tahun 2021 mendatang.

Hal tersebut akan sangat mungkin terjadi jika pemerintah negara-negara Eropa mengulangi lagi kegagalan yang pernah dibuat dalam upaya mencegah gelombang kedua infeksi virus corona.

"Mereka (Eropa) ketinggalan membangun infrastruktur yang diperlukan selama bulan-bulan musim panas, setelah mereka mengendalikan gelombang pertama," kata Nabarro dalam wawancara dengan sebuah surat kabar Swiss akhir pekan ini (Minggu, 22/11).

"Sekarang kita memiliki gelombang kedua. Jika mereka tidak membangun infrastruktur yang diperlukan, kita akan mengalami gelombang ketiga awal tahun depan," sambungnya, seperti dikabarkan ulang Channel News Asia.

Di sisi lain dia memuji tanggapan sejumlah negara Asia seperti Korea Selatan, di mana penularan sekarang relatif rendah.

"Orang-orang terlibat penuh, mereka mengambil perilaku yang mempersulit virus. Mereka menjaga jarak, memakai masker, mengisolasi saat sakit, cuci tangan dan permukaan. Mereka melindungi kelompok yang paling terancam," paparnya.

Nabarro juga mengatakan Asia tidak melonggarkan pembatasan terlalu dini.

"Anda harus menunggu sampai jumlah kasus berkurang dan tetap rendah. Reaksi Eropa tidak lengkap," tandasnya.

Pernyataan Nabarro datang selang beberapa hari setelah WHO pada Kamis (19/11) kemarin mengeuarkan data yang mencenangkan. WHO menyebut bahwa satu orang meninggal dunia akibat virus corona setiap 17 detik di Eropa.

ARTIKEL LAINNYA