Menanti Nasib Salvador 'El Padrino' Cienfuegos Setelah Bebas Dari Pengadilan AS, Untung Atau Buntung?

Mantan Menhan Meksiko, Salvador Cienfuego/Net

Pihak berwenang Meksiko akan menghadapi salah satu ujian anti-korupsi terbesar pasca Amerika Serikat mencabut dakwaan terhadap mantan menteri pertahanan Salvador Cienfuegos  dan mengembalikannya ke negara tersebut.

Hakim Federal Carol Amon mengabulkan permintaan untuk membatalkan kasus terhadap Cienfuegos, pada sidang 18 November lalu.

Ini menyusul pengumuman yang mengejutkan dari Jaksa Agung AS William Barr dan Jaksa Agung Meksiko Alejandro Gertz Manero pada 17 November. Mereka saat itu mengatakan bahwa jaksa penuntut telah mencabut dakwaan terhadap mantan panglima militer Meksiko tersebut.
“Sebagai pengakuan atas kemitraan penegakan hukum yang kuat antara Meksiko dan Amerika Serikat, dan untuk kepentingan front persatuan kita melawan semua bentuk kriminalitas, Departemen Kehakiman AS telah membuat keputusan untuk meminta pencabutan tuntutan pidana AS terhadap mantan menteri Cienfuegos," kata dua jaksa penuntut tertinggi, seperti dikutip dari Mexico News, Minggu (22/11).

"Pencabutan dakwaan dimaksud agar Cienfuegos dapat diselidiki di negaranya sendiridan dan dituntut berdasarkan hukum Meksiko,” kata mereka.

Penangkapan Cienfuegos pada  pertengahan Oktober  lalu di bandara internasional Los Angeles mengejutkan dua negara; Amerika Serikat dan Meksiko. Pemerintah dianggap lalai dan tidak menyadari penyelidikan terhadap mantan pejabat keamanan tinggi itu.

Jaksa AS mendakwa Cienfuegos dengan tiga tuduhan konspirasi narkoba dan satu tuduhan pencucian uang dalam dakwaan Agustus 2019 yang dipublikasikan pada saat penangkapannya.

Pihak berwenang mengatakan dia berkolusi dengan faksi yang memisahkan diri dari Beltran Leyva Organization, yang oleh penegak hukum disebut  H-2 Cartel, dan membantu mereka beroperasi dengan impunitas di Meksiko antara 2015 dan 2017 dengan imbalan suap.

Tidak hanya itu, mantan menteri pertahanan, yang oleh pihak berwenang dijuluki ‘El Padrino’ atau ‘Godfather’ itu dituduh melindungi kelompok tersebut dari pengawasan penegakan hukum, mengamankan transportasi yang aman untuk pengiriman obat-obatan dan memberi informasi kepada anggotanya tentang operasi militer.

Jaksa Agung Barr mengatakan kantornya bekerja sama dengan rekan-rekan di Meksiko dan telah membagikan bukti yang dikumpulkan sebagai bagian dari kasus tersebut. Cienfuegos dikirim kembali ke Meksiko sebagai orang bebas.

Keputusan pemerintah AS untuk menolak tuduhan terhadap Cienfuegos sebenarnya belum pernah terjadi sebelumnya. Ini menimbulkan pertanyaan serius tentang bagaimana Amerika Serikat berubah dari melakukan penyelidikan rahasia selama beberapa tahun di belakang punggung pemerintah Meksiko menjadi 'cukup mempercayai' mereka untuk melakukan penyelidikan mereka sendiri.

Mike Vigil, mantan kepala operasi internasional DEA, mengatakan kepada InSight Crime bahwa dia belum pernah melihat yang seperti ini selama 31 tahun karir penegakan hukumnya.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan para pejabat saat ini sedang menyelidiki mantan jenderal itu, tetapi Cienfuegos belum dituntut secara resmi di negaranya, dan baru diselidiki setelah penangkapannya yang tidak terduga di utara perbatasan. Saat itu, Presiden Lopez Obrador mengatakan tidak ada investigasi terhadap dirinya di Meksiko.

Analis keamanan Alejandro Hope mengatakan kepada InSight Crime bahwa dakwaan yang dibatalkan menunjukkan pengakuan dari Amerika Serikat bahwa tentara adalah aktor institusi utama di Meksiko dalam segala hal yang terkait dengan kejahatan terorganisir, dan bahwa AS tidak ingin memusuhi mereka.

Hope menambahkan bahwa jika kasus ini terus berlanjut, kerja sama AS dengan militer Meksiko, yang telah menjadi inti dari perang melawan kejahatan terorganisir selama lebih dari satu dekade, akan menjadi jauh lebih sulit untuk beberapa waktu.

Memang, penangkapan awal telah memperburuk aliansi anti-narkoba dan kerja sama bilateral yang lebih luas antara kedua negara. Beberapa mantan pejabat AS bahkan melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa mempertahankan hubungan AS-Meksiko yang kuat lebih penting daripada penangkapan profil tinggi semacam itu.

Sekarang, Cienfuegos akan mengambil kesempatannya di Meksiko, di mana pihak berwenang telah lama berjuang untuk berhasil menuntut pejabat tingkat tinggi - serta pengedar narkoba terkenal - yang dituduh melakukan korupsi, berkolusi dengan kelompok kriminal dan pelanggaran berat hak asasi manusia, di antara kejahatan lainnya.

Sistem peradilan di bawah Presiden Lopez Obrador di Meksiko, di mana tingkat impunitas secara konsisten telah menjadi salah satu yang tertinggi di Amerika Latin, sekarang akan diuji untuk menentukan apakah eselon tertinggi militer Meksiko akan tetap tak tersentuh atau tidak.

“Saya pikir Meksiko akan memberikan kesan bahwa mereka sedang menyelidiki masalah ini, tetapi kemungkinan Cienfuegos berhasil dituntut sangat kecil,” kata Vigil.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Puting Beliung Gegerkan Wonogiri!

Rabu, 20 Januari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Membaca Bencana Lewat Politik

Kamis, 21 Januari 2021
Video

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Jumat, 22 Januari 2021

Artikel Lainnya

Markus Solo: Ikatan Kebangsaan Dan Spirit Keindonesiaan Melemah Hingga Terjadi Polarisasi
Dunia

Markus Solo: Ikatan Kebangsa..

24 Januari 2021 18:20
Erdogan Perintahkan Misi Penyelamatan Awak Kapal Yang Diculik Perompak Di Teluk Guinea
Dunia

Erdogan Perintahkan Misi Pen..

24 Januari 2021 16:29
Dipimpin Kapal Induk USS Theodore Roosevelt, AS Kerahkan Armada Ke Laut China Selatan
Dunia

Dipimpin Kapal Induk USS The..

24 Januari 2021 15:39
Mengenal Lebih Dekat Puluhan Orang Keturunan India Di Lingkaran Dalam Pemerintahan Joe Biden
Dunia

Mengenal Lebih Dekat Puluhan..

24 Januari 2021 15:30
WSJ: Trump Sempat Desak Departemen Kehakiman Agar Mahkamah Agung Batalkan Kemenangan Biden
Dunia

WSJ: Trump Sempat Desak Depa..

24 Januari 2021 14:11
AS Nyatakan Posisi Bantu Jepang Lindungi Kepulauan Senkaku Dari Klaim China
Dunia

AS Nyatakan Posisi Bantu Jep..

24 Januari 2021 13:22
'El-Chapo' Asia Diringkus Di Amsterdam
Dunia

'El-Chapo' Asia Diringkus Di..

24 Januari 2021 12:56
Kebut Target Nol Emisi Karbon, Biden Siapkan Langkah Tekan China
Dunia

Kebut Target Nol Emisi Karbo..

24 Januari 2021 12:52