Orang Terdekat Biden Akan Ditunjuk Jadi Menteri Luar Negeri

Antony Blinken/Net

Di tengah rencana Joe Biden yang akan mengumumkan susunan kabinetnya pada Selasa (24/11) esok waktu setempat, beredar kabar bahwa dia akan menunjuk penasihat lamanya Antony Blinken sebagai menteri luar negeri pilihannnya.

Seorang sekutu Biden, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters bahwa Blinken adalah pilihan Biden yang paling mungkin untuk menjadi menteri luar negeri.

Selain itu, Jake Sullivan, yang sebelumnya merupakan salah satu pembantu terdekat Hillary Clinton, kemungkinan akan ditunjuk sebagai penasihat keamanan nasional Biden, menurut dua orang yang mengetahui masalah tersebut, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (23/11).

Kepala staf Gedung Putih pilihan Biden, Ron Klain, mengatakan pada Minggu (22/11) bahwa presiden terpilih akan membuat pengumuman Kabinet pertamanya pada hari Selasa, tetapi dia menolak untuk menentukan posisi mana yang akan diisi terlebih dahulu. Orang-orang yang mengetahui pemilihan Biden meminta untuk tidak disebutkan namanya karena dia belum membuat pengumuman.

Baik Sullivan, yang saat ini berusia 43 tahun, dan Blinken, 58 tahun, sama-sama pernah menjabat sebagai penasihat keamanan nasional Biden ketika dia menjadi wakil presiden.

Blinken telah dianggap sebagai salah satu kandidat terkemuka untuk menjalankan Departemen Luar Negeri. Setelah menjabat sebagai penasihat keamanan nasional wakil presiden, ia diangkat menjadi wakil menteri luar negeri di bawah Presiden Barack Obama.

Ketika Biden menjadi senator, Blinken menjabat sebagai direktur stafnya di Komite Hubungan Luar Negeri Senat sebelum pergi untuk mengerjakan kampanye presiden Biden tahun 2008. Blinken lulus dari Harvard dan dari Columbia Law School.

Setelah pemerintahan Obama berakhir, Blinken mendirikan WestExec Advisors , sebuah firma strategi politik, dengan pejabat Pentagon era Obama, Michele Flournoy.

Terpilihnya Blinken sebagai diplomat top Amerika mengisyaratkan tujuan Biden untuk menempatkan orang-orang berpengalaman di pos-pos kunci kabinet.

Biden bertemu dengan ahli pertahanan dan intelijen pada 17 November, termasuk Blinken dan orang lain yang bekerja untuk Obama ketika Biden menjadi wakil presiden. Dia mengumpulkan mereka bersama karena pemerintahan Trump telah memblokirnya untuk mendapatkan pengarahan intelijen yang biasanya diberikan kepada presiden terpilih.

“Kami telah melalui banyak kerusakan yang dilakukan selama empat tahun terakhir, menurut saya. Kita perlu membangun kembali institusi kita dan tenaga kerja saya untuk mencerminkan kekuatan penuh dan keragaman negara kita,” kata Biden pada briefing tersebut.

“Kita perlu fokus pada kesiapan untuk apa pun yang mungkin terjadi,” ungkapnya.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Sebelum Mbak You, Arief Poyuono Sudah Ramalkan Kalabendu

Jumat, 15 Januari 2021
Video

BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan

Jumat, 15 Januari 2021
Video

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia

Senin, 18 Januari 2021

Artikel Lainnya

Pidato Perpisahan Donald Trump: Saya Pergi Dari Tempat Megah Ini Dengan Hati Yang Setia Dan Gembira
Dunia

Pidato Perpisahan Donald Tru..

20 Januari 2021 07:52
Irak Tunda Pemilu Hingga Oktober, Aktivis:  Ini Seperti Tusukan Terhadap Tuntutan Kami
Dunia

Irak Tunda Pemilu Hingga Okt..

20 Januari 2021 07:21
Putin Dicurigai Ada Di Balik Kerusuhan Capitol Hill, Hillary Clinton Dan Nancy Pelosi Desak Kongres AS Bentuk Tim Investigasi
Dunia

Putin Dicurigai Ada Di Balik..

20 Januari 2021 06:58
Hitungan Jam Jelang Pelantikan Biden, Washington DC Bagai Kota Hantu Yang Dijaga Tentara
Dunia

Hitungan Jam Jelang Pelantik..

20 Januari 2021 06:33
Pakar Kesehatan Ragukan Target Herd Immunity Covid-19 Korsel
Dunia

Pakar Kesehatan Ragukan Targ..

19 Januari 2021 23:36
Meksiko Siap Suntik 7,4 Juta Dosis Vaksin Sputnik V Pada Akhir Maret
Dunia

Meksiko Siap Suntik 7,4 Juta..

19 Januari 2021 23:10
Maroko Dapat Dukungan 40 Negara Atas Solusi Otonomi Di Sahara
Dunia

Maroko Dapat Dukungan 40 Neg..

19 Januari 2021 23:00
Argentina Diguncang Gempa Berkekuatan 6,8 M, Gubernur Sergio Unac Minta Warga Tetap tenang
Dunia

Argentina Diguncang Gempa Be..

19 Januari 2021 16:53