Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Orang Terdekat Biden Akan Ditunjuk Jadi Menteri Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 23 November 2020, 10:51 WIB
Orang Terdekat Biden Akan Ditunjuk Jadi Menteri Luar Negeri
Antony Blinken/Net
rmol news logo Di tengah rencana Joe Biden yang akan mengumumkan susunan kabinetnya pada Selasa (24/11) esok waktu setempat, beredar kabar bahwa dia akan menunjuk penasihat lamanya Antony Blinken sebagai menteri luar negeri pilihannnya.

Seorang sekutu Biden, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters bahwa Blinken adalah pilihan Biden yang paling mungkin untuk menjadi menteri luar negeri.

Selain itu, Jake Sullivan, yang sebelumnya merupakan salah satu pembantu terdekat Hillary Clinton, kemungkinan akan ditunjuk sebagai penasihat keamanan nasional Biden, menurut dua orang yang mengetahui masalah tersebut, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (23/11).

Kepala staf Gedung Putih pilihan Biden, Ron Klain, mengatakan pada Minggu (22/11) bahwa presiden terpilih akan membuat pengumuman Kabinet pertamanya pada hari Selasa, tetapi dia menolak untuk menentukan posisi mana yang akan diisi terlebih dahulu. Orang-orang yang mengetahui pemilihan Biden meminta untuk tidak disebutkan namanya karena dia belum membuat pengumuman.

Baik Sullivan, yang saat ini berusia 43 tahun, dan Blinken, 58 tahun, sama-sama pernah menjabat sebagai penasihat keamanan nasional Biden ketika dia menjadi wakil presiden.

Blinken telah dianggap sebagai salah satu kandidat terkemuka untuk menjalankan Departemen Luar Negeri. Setelah menjabat sebagai penasihat keamanan nasional wakil presiden, ia diangkat menjadi wakil menteri luar negeri di bawah Presiden Barack Obama.

Ketika Biden menjadi senator, Blinken menjabat sebagai direktur stafnya di Komite Hubungan Luar Negeri Senat sebelum pergi untuk mengerjakan kampanye presiden Biden tahun 2008. Blinken lulus dari Harvard dan dari Columbia Law School.

Setelah pemerintahan Obama berakhir, Blinken mendirikan WestExec Advisors , sebuah firma strategi politik, dengan pejabat Pentagon era Obama, Michele Flournoy.

Terpilihnya Blinken sebagai diplomat top Amerika mengisyaratkan tujuan Biden untuk menempatkan orang-orang berpengalaman di pos-pos kunci kabinet.

Biden bertemu dengan ahli pertahanan dan intelijen pada 17 November, termasuk Blinken dan orang lain yang bekerja untuk Obama ketika Biden menjadi wakil presiden. Dia mengumpulkan mereka bersama karena pemerintahan Trump telah memblokirnya untuk mendapatkan pengarahan intelijen yang biasanya diberikan kepada presiden terpilih.

“Kami telah melalui banyak kerusakan yang dilakukan selama empat tahun terakhir, menurut saya. Kita perlu membangun kembali institusi kita dan tenaga kerja saya untuk mencerminkan kekuatan penuh dan keragaman negara kita,” kata Biden pada briefing tersebut.

“Kita perlu fokus pada kesiapan untuk apa pun yang mungkin terjadi,” ungkapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA