Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasukan Bersenjata Serang Masjid Di Nigeria, Lima Jamaah Tewas Dan 40 Diculik Termasuk Imam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 23 November 2020, 17:35 WIB
Pasukan Bersenjata Serang Masjid Di Nigeria, Lima Jamaah Tewas Dan 40 Diculik Termasuk Imam
rmol news logo Sedikitnya ada lima jemaah tewas dan puluhan lainnya diculik ketika orang-orang bersenjata menyerang sebuah masjid di barat laut Nigeria.

Insiden serangan yang dilakukan oleh geng bersenjata itu terjadi di sebuah masjid di negara bagian Zamfara. Imam masjid termasuk di antara mereka yang dilaporkan diculik.

Muhammed Shehu, juru bicara Kepolisian Negara Bagian Zamfara, mengatakan bahwa pihak terkait telah mengirim pasukan keamanan telah ke wilayah itu, dan akan segera melakukan penyelidikan, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Senin (23/11).

Di bagian barat laut negara itu sesekali terjadi bentrokan antara penggembala suku Fulani, salah satu kelompok etnis terbesar yang tersebar luas di Afrika Barat, dan suku-suku tetangganya yang menetap.

Fulani, yang bermigrasi ke selatan untuk menggembalakan ternak mereka, mengklaim bahwa para petani telah mencoba mencuri hewan mereka dan menyerang orang-orangnya.

Kelompok bersenjata terkadang memanfaatkan konflik dan mengatur serangan.

Hampir 2.000 orang kehilangan nyawa di wilayah tersebut sementara ribuan lainnya mengungsi.

Menyusul penandatanganan perjanjian penghentian permusuhan oleh berbagai kelompok pada Agustus 2019, lebih dari 2.000 anggota meletakkan senjata mereka.

Zamfara merupakan sebuah negara bagian di Nigeria. Letaknya di bagian barat laut. Ibu kotanya ialah Gusau. Didirikan pada tahun 1996. Negara bagian ini memiliki luas wilayah 39.762 km². Dengan memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.602.356 jiwa.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA