Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Republik Sao Tome dan Principe Dukung Aksi Damai Maroko Untuk Memulihkan Situasi Di El Guergarat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 23 November 2020, 18:31 WIB
Republik Sao Tome dan Principe Dukung Aksi Damai Maroko Untuk Memulihkan Situasi Di El Guergarat
Menteri Luar Negeri Sao Tome dan Principe Edite Ten Jua/Net
rmol news logo Republik Demokratik Sao Tome dan Principe menyatakan solidaritas dan dukungannya untuk perjuangan nasional Maroko.

Dalam pertemuannya di Rabat dengan Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita pada Jumat pekan lalu, Menteri Luar Negeri Sao Tome dan Principe Edite Ten Jua memuji aksi damai yang dilakukan otoritas Maroko untuk memulihkan pergerakan bebas barang dan orang di El Guergarat.

Edite Ten Jua mengutuk manuver Polisario di Guergarat yang terjadi sejak 21 OKtober lalu. Menganggapnya tidak menghormati resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa maupun peran uni  Afrika yang mendukung proses politik untuk solusi damai.

Dalam pernyataannya, Edite Ten Jua -yang mendukung posisi Maroko di Sahara Barat- dengan tegas menolak blokade Polisario, dan menyebutnya sebagai tindakan kriminal.

Dalam pertemuan itu, kedua menteri menyambut baik dibukanya Konsulat Jenderal Santomean di Laâyoune pada Januari 2020 lalu. Sao Tome dan Principe termasuk di antara negara-negara yang baru saja membuka konsulat jenderal di provinsi selatan Maroko.

Pada kesempatan kali ini diumumkan pula tentang rencana pembukaan Resident Embassy di Rabat tahun ini.

Menteri Santomean itu juga menyatakan tekad negaranya untuk memperkuat hubungan persahabatan dan kerja sama dengan Maroko, sehingga dapat berkontribusi pada promosi kerja sama Selatan-Selatan.

Keduanya telah menandatangani perjanjian untuk membahas peningkatan hubungan bilateral negara mereka untuk priode 2021-2022. Roadmap kemitraan mencakup beberapa sektor, antara lain pendidikan, pelatihan kejuruan, kerja sama teknis, dan investasi.

Kesepakatan tersebut mencerminkan tekad Maroko dan Sao Tome dan Principe untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Sao Tomé dan Príncipe adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di dekat garis khatulistiwa, di lepas pantai Gabon. Negeri ini merupakan salah satu negara terkecil di Afrika. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA