Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berdiri Di Samping Maroko, Paraguay Dorong Kebebasan Lalu Lintas Barang Di Guerguerat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 23 November 2020, 19:30 WIB
Berdiri Di Samping Maroko, Paraguay Dorong Kebebasan Lalu Lintas Barang Di Guerguerat
Guerguerat, Maroko/Net
rmol news logo Paraguay ikut memberikan dukungan atas tindakan yang diambil oleh Maroko di Guerguerat dan rencana otonominya.

Kantor Urusan Luar Negeri di Kamar Deputi Paraguay menyatakan, tindakan yang diambil oleh Maroko bertujuan untuk membantu memulihkan arus warga sipil dan komersial yang bebas di zona penyangga tersebut.

"Kami mendukung kedaulatan dan tindakan yang diambil oleh Kerajaan maroko untuk memulihkan lalu lintas bebas orang dan barang. Kami menganggap penting kebebasan pergerakan di persimpangan ini," kata komite dalam keterangan tertulis yang dibubuhi oleh Presiden Walter Enrique Harms tersebut.

Dalam pernyataan yang diterima Kantor Berita Politik RMOL pada Senin (23/11), komite tersebut juga menggarisbawahi rencana otonomi Maroko sebagai satu-satunya solusi politik untuk mengakhiri konflik di Sahara.

Meski begitu, Harms dan komite turut prihatin atas bentrokan yang terjadi di Guerguerat yang dipicu oleh provokasi kelompok bersenjata Front Polisario.

"Melalui provokasi berbahaya ini, Front Polisario berupaya untuk mengubah status zona penyangga ini, mengancam kegiatan komersial, dan menganggu proses politik di bawah naungan PBB," lanjut komite.

Sejak 13 November, bentrokan terjadi di Guerguerat antara Maroko dan Front Polisario yang kemudian meluas hingga ke tembok Sahara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA