Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kesal Dituding Jadi Biang Ketegangan, China Serang Balik Menteri Perdagangan Australia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 24 November 2020, 07:00 WIB
Kesal Dituding Jadi Biang Ketegangan, China Serang Balik Menteri Perdagangan Australia
Zhao Lijian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China/Net
rmol news logo Kedutaan Besar China di Australia mengatakan bahwa pihaknya sangat kecewa dengan tuduhan terbaru yang dilontarkan oleh Menteri Perdagangan Simon Birmingham terhadap kedutaan tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Birmingham yang menuding Kedutaan Besar China melakukan 'pemaksaan' dan mengklaim bahwa Kedutaan China di Canberra telah meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

Menyikapi tudingan tersebut pihak Kedutaan China menjawab dengan menegaskan bahwa akar penyebab memburuknya hubungan bilateral terletak pada tindakan salah Australia yang berulang-ulang. Juga pernyataan tentang masalah-masalah yang menyangkut kepentingan inti dan perhatian utama China, serta tindakan provokatif, dan konfrontatifnya.

"Mereka yang menyebabkan masalah, mestinya mereka juga menjadi orang yang memecahkan masalah," kata pihak kedutaan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Global Times, Senin (23/11).

"Pihak Australia harus mengambil tindakan nyata untuk memperbaiki kesalahannya, berbuat lebih banyak untuk meningkatkan rasa saling percaya dan kerjasama bilateral, bertindak sejalan dengan persyaratan kemitraan kerjasama strategis komprehensif China-Australia, dan menciptakan suasana dan kondisi yang menguntungkan untuk kerjasama bilateral," lanjut pernyataan tersebut.

Sementara Kementerian Luar Negeri China pada hari Senin (23/11) mengatakan bahwa saluran komunikasi antara China dan Australia di tingkat kerja selalu lancar.

"Dilema saat ini antara kedua negara disebabkan oleh pihak Australia. Kami mendesak Australia untuk menghadapi masalah tersebut dan memperbaiki kesalahannya," kata kementerian tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA