Donald Trump Akhirnya Legowo, Buka Blokir Transisi Kepemimpinan Dengan Tim Joe Biden

Cuitan Donald Trump/Repro

Presiden AS Donald Trump yang selama ini bersikeras untuk memblokir upaya transisi kepemimpinan nampaknya mulai melunak.
Trump, pada Senin (23/11) waktu setempat, mengatakan bahwa dia tidak lagi menentang bantuan pemerintah untuk tim transisi Joe Biden, sebuah sinyal yang menunjukkan bahwa akhirnya dia akan mengakui kekalahannya dalam pemilihan AS.
Cuitan Trump yang menyebut bahwa Administrasi Layanan Umum harus melakukan apa yang perlu dilakukan, muncul setelah kepala badan tersebut, Emily Murphy, mengatakan dia akan melepaskan bantuan yang telah lama tertunda.

"Demi kepentingan terbaik Negara kita, saya merekomendasikan agar Emily dan timnya melakukan apa yang perlu dilakukan berkenaan dengan protokol awal, dan telah memberi tahu tim saya untuk melakukan hal yang sama," cuit Trump, dalam cuitan terbarunya, Senin (23/11) atau Selasa (24/11) waktu Indonesia.

Trump telah menghabiskan tiga minggu terakhir sejak pemilu 3 November dengan mengklaim tanpa bukti bahwa kemenangan meyakinkan Biden adalah hasil dari kecurangan.

Murphy, yang menyangkal bertindak di bawah tekanan politik, hingga kini menolak untuk merilis paket bantuan standar yang dikelola lembaganya kepada tim Biden yang baru datang.

Tim Biden menyambut baik keputusan tersebut. Dalam sebuah pernyataan, tim Biden mengungkapkan itu akan memberikan sumber daya dan dukungan yang diperlukan oleh pemerintahan yang akan datang untuk melaksanakan transfer kekuasaan yang lancar dan damai.

"Keputusan hari ini adalah langkah yang diperlukan untuk mulai menangani tantangan yang dihadapi bangsa kita. Termasuk mengendalikan pandemi dan ekonomi kita ke jalurnya" ungkap pernyataan tersebut, seperti dikutip dari AFP, Selasa (24/11).

"Keputusan akhir ini merupakan tindakan administratif definitif untuk secara resmi memulai proses transisi dengan badan-badan federal," lanjut pernyataan itu.

Keputusan tersebut akan membebaskan jutaan dolar dalam pembiayaan untuk mendukung transisi, serta secara resmi memungkinkan Biden untuk berkoordinasi dengan pejabat pemerintah saat ini.

Murphy, yang telah menghadapi kritik keras atas penolakan yang dia ungkap sebelumnya, mengatakan dalam suratnya kepada Biden, yang diperoleh oleh berbagai outlet berita AS bahwa keputusannya tidak dipengaruhi oleh tekanan manapun.

"Bertentangan dengan laporan media dan sindiran, keputusan saya tidak dibuat karena ketakutan atau favoritisme," ungkapnya.

Langkah GSA-nya biasanya merupakan langkah rutin setelah pemilihan presiden AS, tetapi upaya Trump yang terus-menerus untuk membatalkan hasil pemungutan suara dan penolakan untuk menyerah telah mempersulit prosesnya.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Jumat, 22 Januari 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • JK, Buat Kejutan Apa di 2024?

Selasa, 26 Januari 2021
Video

Klarifikasi Ambroncius Nababan

Selasa, 26 Januari 2021

Artikel Lainnya

Gelar Pesta Saat Keadaan Darurat, 89 WNA Ditangkap Polisi Thailand
Dunia

Gelar Pesta Saat Keadaan Dar..

28 Januari 2021 17:52
Sindir AS, Dubes Cui Tiankai: Menganggap China Sebagai Saingan Strategis Adalah Sebuah Kesalahan
Dunia

Sindir AS, Dubes Cui Tiankai..

28 Januari 2021 17:10
Armenia Peringati Hari Tentara, PM Pashinyan Letakkan Bunga Di Makam Pahlawan
Dunia

Armenia Peringati Hari Tenta..

28 Januari 2021 17:06
Angela Merkel Dukung Seruan Xi Jinping Untuk Hindari Perang Dingin Baru, Tapi Tetap Tekan China Soal HAM
Dunia

Angela Merkel Dukung Seruan ..

28 Januari 2021 16:04
Karantina Selesai, Tim Ilmuwan WHO Lancarkan Misi Selidiki Asal-usul Virus Corona
Dunia

Karantina Selesai, Tim Ilmuw..

28 Januari 2021 15:35
Boneka Rajut Meme Bernie Sanders Laku Terjual Ratusan Juta Rupiah
Dunia

Boneka Rajut Meme Bernie San..

28 Januari 2021 14:44
53 Orang Hangus Terbakar Dalam Tabrakan Maut Bus VS Pengangkut Bahan Bakar Di Kamerun
Dunia

53 Orang Hangus Terbakar Dal..

28 Januari 2021 14:34
Pendeta Di Rumania Di-Bully Netizen Gara-gara Sosialisasikan Vaksinasi Di Medsos
Dunia

Pendeta Di Rumania Di-Bully ..

28 Januari 2021 14:25