Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perang Klaim, Pasukan Tigray Akui Sudah Hancurkan Militer Ethiopia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 24 November 2020, 15:07 WIB
Perang Klaim, Pasukan Tigray Akui Sudah Hancurkan Militer Ethiopia
Pasukan Tigray mengklaim telah menghancurkan pasukan militer Ethiopia/Net
rmol news logo Konflik bersenjata antara pemerintah Ethiopia dan Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF) di wilayah Tigray diwarnai dengan sejumlah klaim-klaim.

Terputusnya akses komunikasi dan internet di sana membuat banyak pihak sulit untuk mengonfirmasi insiden yang terjadi.

Pada Selasa (24/11), jurubicara pasukan Tigray, Getachew Reda mengaku pihaknya telah benar-benar menghancurkan divisi mekanik ke-21 dari Angkatan Darat Ethiopia, seperti dikutip Reuters.

Klaim tersebut muncul setelah pemerintahan Perdana Menteri Abiy Ahmed mengaku telah mengepung ibukota Tigray, Mekelle, seiring dengan ultimatum yang diberikan kepada TPLF untuk menyerah.

Konflik di Tigray saat ini meletus pada 4 November, setelah pemerintah menuding TPLF telah menyerang pangkalan militer di sana.

Sejak konflik, ratusan atau bahkan kemungkinan ribuan orang diperkirakan tewas, sementara sekitar 45 ribu lainnya mengungsi.

Komunitas internasional telah menyerukan kedua belah pihak untuk melakukan mediasi. Terbaru, Amerika Serikat (AS) mendukung mediasi yang dilakukan oleh Presiden Afrika Selatan dan Uni Afrika.

"AS menyerukan mediasi di Ethiopia dan mendukung upaya ini dipimpin oleh (Presiden) Cyril Ramaphosa dan Uni Arika untuk mengakhiri konflik tragis ini sekarang," kata Dewan Keamanan Nasional AS pada Senin (23/11). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA