Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Teken Perjanjian Kontribusi Vaksin Covid-19 Dengan CEPI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 24 November 2020, 15:36 WIB
Indonesia Teken Perjanjian Kontribusi Vaksin Covid-19 Dengan CEPI
Upacara penandatanganan Perjanjian Kontribusi antara Pemerintah Indonesia dan CEPI/Kemlu
rmol news logo Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri, telah menandatangani perjanjian kontribusi terkait vaksin Covid-19 dengan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI).

Upacara penandatanganan dilakukan secara virtual pada Selasa (24/11), antara CEO CEPI Richard Hatchett dan pihak Kemlu.

Menyaksikan upacara tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah terus berupaya untuk melindungi rakyat dan dunia melalui aksi nyata, salah satunya dengan bekerja sama dengan CEPI.

Menurut Retno, ada dua alasan Indonesia bekerja sama dengan CEPI untuk mendapatkan vaksin Covid-19 yang adil, terjangkau, dan merata.

"CEPI telah memilih Bio Farma untuk berpartisipasi dalam pembuatan vaksin Covid-19 global, menyusul hasil uji tuntas yang positif," kata Retno.

"Hal ini menunjukkan industri farmasi Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, di bawah mekanisme CEPI," tambah dia.

Selain itu, Retno juga menuturkan kolaborasi dengan CEPI akan membantu Indonesia memperkuat ketahanan kesehatan nasional secara jangka panjang.

Pasalnya, sebagai anggota Dewan Investor CEPI, Indonesia akan mendapatkan akses ke informasi terbaru mengenai pengembangan vaksin dan uji klinis, serta pelatihan dan laboratorium.

"Kolaborasi semacam itu juga akan membantu kita memperkuat kapasitas domestik untuk mencegah dan merespons penyakit menular," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA