Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pennsylvania Resmi Sertifikasi Kemenangan Joe Biden

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 25 November 2020, 09:32 WIB
Pennsylvania Resmi Sertifikasi Kemenangan Joe Biden
Pendukung Biden di Pennsylvania/Net
Joe Biden secara resmi telah disertifikasi sebagai pemenang pemilihan presiden di Pennsylvania. Sertifikasi pada Selasa (24/11) itu adalah puncak penghitungan suara selama tiga minggu dan serangkaian gugatan hukum yang gagal oleh Presiden Donald Trump.

Gubernur Demokrat Tom Wolf pertama kali mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah tweet bahwa Departemen Luar Negeri telah mengesahkan penghitungan suara untuk presiden dan wakil presiden.

Wolf mengirimkan 'sertifikat kepastian' kepada arsiparis nasional di Washington dengan daftar pemilih yang mendukung Presiden terpilih Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris .

20 pemilih Pennsylvania, campuran dari Demokrat terpilih, aktivis partai, dan pendukung setia Biden lainnya, akan bertemu di Capitol pada 14 Desember.

Salah satu dari mereka, ketua Partai Demokrat Nancy Patton Mills, mengatakan dia juga akan memimpin pertemuan Electoral College di Harrisburg bulan depan.

"Saya bersyukur bahwa Pennsylvania adalah negara bagian yang memungkinkan Biden untuk menang," kata Patton Mills, seperti dikutip dari AFP, Selasa (24/11).

Kemenangan Biden di negara bagian itu, memberinya perolehan 20 suara elektoral, menempatkannya di atas 270 suara yang dibutuhkan dan membuat The Associated Press mendeklarasikannya sebagai presiden terpilih empat hari setelah Hari Pemilihan.

Hingga penghitungan terakhir Biden telah mengumpulkan 306 suara elektoral keseluruhan dibandingkan dengan 232 suara Trump.

Hasil Pennsylvania menunjukkan Biden dan Harris dengan 3,46 juta suara, Trump dan Wakil Presiden Mike Pence dengan 3,38 juta, dan Libertarian Jo Jorgensen dengan 79 ribu suara.

Menteri Luar Negeri Partai Demokrat Kathy Boockvar, dalam rilis persnya, menyebut pejabat pemilu dan pekerja pemungutan suara sebagai 'pahlawan sejati demokrasi'.

"Kami sangat berterima kasih kepada 67 kabupaten yang telah bekerja sangat lama untuk memastikan bahwa setiap suara pemilih yang memenuhi syarat dihitung dengan aman dan terjamin," kata Boockvar.

Trump menjadikan Pennsylvania sebagai pusat dari upaya hukumnya yang gagal untuk membatalkan hasil pemilu, meluncurkan serangan hukum terhadap aturan penghitungan suara dan prosedur pemilihan daerah.

Seorang hakim federal pada hari Sabtu (21/11) memberikan pukulan serius terhadap upaya hukum kampanye Trump dengan menolak gugatan yang katanya kurang bukti dan menawarkan argumen hukum yang tegang tanpa alasan dan tuduhan spekulatif.

Pemerintah federal pada hari Senin (23/11) mengakui Biden sebagai 'pemenang sejati' dari kontes presiden nasional.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA