Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Memata-matai China, Profesor Taiwan Dijerat Empat tahun Penjara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 25 November 2020, 17:13 WIB
Memata-matai China, Profesor Taiwan Dijerat Empat tahun Penjara
Bendera Taiwan/Net
rmol news logo Kantor Urusan Taiwan China (TAO) mengkonfirmasi bahwa pemerintah China telah menjatuhkan hukuman kepada pensiunan profesor di National Taiwan Normal University, Tony Shih, sebulan setelah pengakuannya sebagai mata-mata Taiwan tayang di televisi pemerintah Tiongkok.

Juru bicara TAO Zhu Fenglian pada Rabu (25/11) mengatakan bahwa pengadilan distrik di Provinsi Anhui China telah menghukum Shih selama empat tahun penjara karena terbukti spionase dan mencabut hak politiknya selama dua tahun, seperti dikutip dari Taiwan News, Rabu (25/11)

Shih (56) ditahan di Beijing karena dituduh terlibat dalam kegiatan kriminal yang membahayakan keamanan nasional China sejak Agustus 2018. Ia bergabung dengan profesional Taiwan lainnya yang mengklaim telah melanggar hukum China.
Tuduhan tersebut diakui oleh akademisi tersebut pada pertengahan Oktober lalu, Shih mengaku bahwa dirinya telah mengumpulkan informasi intelijen untuk pemerintah Taiwan selama bertahun-tahun.

Tiga mata-mata Taiwan lainnya yang diduga mengaku sebagai mata-mata adalah penasihat pemerintah daerah Lee Meng-chu, akademisi Cheng Yu-chin, dan ketua Asosiasi Hubungan Lintas Selat Taiwan Selatan Tsai Chin-shu.

Ketika ditanya tentang keberadaan dan nasib para pria itu, Chu menolak memberikan informasi lebih lanjut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA