Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Citra Satelit Maxar: China Punya Bunker Militer Di Sepanjang Perbatasan India Dan Bhutan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 25 November 2020, 17:29 WIB
Citra Satelit Maxar: China Punya Bunker Militer Di Sepanjang Perbatasan India Dan Bhutan
Citra satelit Maxar/Net
rmol news logo Gambar satelit terbaru milik Maxar Technologies tampaknya menunjukkan bahwa China diduga telah membangun sebuah daerah di Himalaya di sepanjang perbatasan yang disengketakan dengan India dan Bhutan.

Menurut operator satelit yang berbasis di AS itu, gambar-gambar tertanggal 28 Oktober 2020 tersebut menunjukkan dengan jelas bahwa ada aktivitas konstruksi yang signifikan tahun ini di sepanjang wilayah lembah Sungai Torsa.

Selain itu, Maxar juga mengatakan bahwa ada pembangunan bunker penyimpanan militer baru di dekat daerah Doklam.

Maxar mengatakan gambar-gambar itu menunjukkan Desa bernama Pangda, yang baru dibangun di sisi perbatasan Bhutan yang disengketakan, serta depot pasokan di wilayah Tiongkok, di dekat titik sengketa antara pasukan India dan China pada 2017.

Namun klaim tersebut dibantah oleh duta besar Bhutan untuk India, Mayor Jenderal Vetsop Namgyel.

"Tidak ada desa Tionghoa di dalam Bhutan," katanya, seperti dikutip dari CNN, Rabu (25/11).

Hingga berita ini diturunkan baik Kementerian Luar Negeri China maupun India tidak menanggapi permintaan komentar dari CNN tentang gambar baru tersebut.

Dokam adalah sebidang tanah tipis yang berbatasan dengan ketiga negara. Wilayah ini diklaim oleh China dan Bhutan, tetapi juga penting secara strategis ke India karena kedekatannya dengan Koridor Siliguri, arteri vital antara New Delhi dan negara bagian timur lautnya. .

“Koridor Siliguri secara strategis penting dan wilayah yang sangat sensitif, karena tetap menjadi satu-satunya jembatan antara delapan negara bagian timur laut India dan seluruh negara,” tulis analis Syed Fazl-e-Haider awal tahun ini dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh lembaga pemikir Australia, The Lowy Institute.

Dalam sebuah artikel di surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah China pada hari Senin, para ahli Tiongkok juga menyangkal klaim Maxar dan laporan di media India bahwa sebuah desa telah dibangun di wilayah Bhutan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA