Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Kenegaraan Bosnia dan Herzegovina, Mike Pompeo: Pesan Untuk Rakyat Agar Bisa Bekerja Sama Atasi Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 26 November 2020, 05:49 WIB
Hari Kenegaraan Bosnia dan Herzegovina, Mike Pompeo: Pesan Untuk Rakyat Agar Bisa Bekerja Sama Atasi Pandemi
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) ikut bersuka cita atas Hari Kenegaraan Bosnia dan Herzegovina (BiH) yang diperingati setiap 25 November.  AS menyatakan mereka berdiri bersama BiH dalam perjalanannya menuju integrasi Euro-Atlantik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengucapkan selamat dalam pesan yang dikirimkannya kepada pemerintah BiH pada kesempatan hari nasional itu.

"Saat ini Bosnia dan Herzegovina merayakan Hari Kenegaraan, saya mengucapkan selamat atas nama Pemerintah Amerika Serikat dan rakyat Amerika," tulis Pompeo, seperti dikutip dari N1, Rabu (25/11).

sekaligus mengingatkan bahwa pada kesempatan yang sama ia menandai ulang tahun ke-25 dari Kesepakatan Dayton, yang membawa perdamaian ke BiH dan memperkuat hubungan antara kedua negara.
Pompeo memuji kemajuan yang telah dicapai BiH untuk menuju demokratisasi yang lebih dalam, yang menegaskan memungkinkan terselenggaranya pemilu di Kota Mostar untuk pertama kalinya sejak 2008.

"Akhirnya, saya berharap semua rakyat Bosnia dan Herzegovina mendapat keamanan dan kesehatan saat kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19," tambah Pompeo.

Kedutaan Besar AS dalam akun Twitter juga mengucapkan selamat.

"Kami tetap berkomitmen untuk persahabatan dan kemitraan yang kuat dengan BiH dan warganya, mendukung kedaulatan dan integritas teritorialnya, dan berharap lebih memperkuat hubungan antara kedua negara kami di tahun-tahun mendatang."

BiH memiliki Hari Kenegaraan yang diperingati setiap tanggal 25 November, yang diambil dari peristiwa bersejarah di tahun 1943.

Dewan Anti-fasis untuk Pembebasan Nasional Bosnia dan Herzegovina (ZAVNOBIH) pada tanggal itu mengadopsi Resolusi yang menyatakan keinginan rakyat agar Bosnia dan Herzegovina menjadi republik mereka.

Hari Kenegaraan tidak sama dengan Hari Kemerdekaan. BiH memperingati Hari Kemerdekaan negara itu setiap 1 Maret. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA