Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum NSP Diluncurkan, Hubungan Korsel Dengan ASEAN Sudah Signifikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 26 November 2020, 12:35 WIB
Sebelum NSP Diluncurkan, Hubungan Korsel Dengan ASEAN Sudah Signifikan
Seminar Online 'ASEAN-Korea Cooperation Upgrade: Focusing on the New Southern Policy of ROK'/Repro
rmol news logo Republik Korea berada posisi yang sangat strategis, di kelilingi berbagai kekuatan besar dunia, China, Jepang, Rusia, dan Amerika Serikat.

Secara tradisional tentu saja China memiliki pengaruh yang besar sejak ribuan tahun tahun lalu. Namun di era kontemporer pada gilirannya, tiga kekuatan besar lain, Jepang, Rusia, dan Amerika Serikat, juga memainkan peranan yang tidak kalah signifikan di kawasan termasuk di Semenanjung Selatan.

Berdasarkan kenyataan geopolitik seperti itu sangat alamiah bila Korea Selatan membangun hubungan diplomatik dan ekonomi yang signifikan dengan empat kekuatan besar dunia itu.

Demikian antara lain disampaikan Minister Counselor Misi Republik Korea untuk ASEAN, Yoon Sang-uk, ketika berbicara dalam webinar internasional bertema "ASEAN-Korea Cooperation Upgrade: Focusing on the New Southern Policy of ROK" yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (26/11).

“Hubungan baik (Korea Selatan) dengan empat kekuatan ini (China, AS, dan Jepang) selalu menjadi prioritas utama dalam kebijakan luar negeri kami,” ujarnya.

Webinar ini diselenggarakan untuk me-review kebijakan luar negeri Korea Selatan yang dikenal dengan nama New Southern Policy (NSP) yang diluncurkan Presiden Moon Jae-in pada bulan November 2017 lalu.

Dengan kebijakan itu, Korea Selatan ingin meningkatkan kualitas hubungannya dengan dua kawasan lain di sebelah selatan, yakni Asia Tenggara dan India.

Selain Yoon Sang-uk, dua pembicara lain dalam sesi pertama webinar internasional itu adalah  dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Ali An Seun Geun, dan peneliti Center for Strategic and International Studies Andrew W. Mantong. Sebagai moderator adalah dosen Universitas Padjadjaran dan President University Teuku Rezasyah.

Melanjutkan uraiannya, Yoon Sang-uk mengatakan, menjelang akhir Perang Dingin, Korea Selatan mulai menggagas upaya untuk memiliki hubungan yang juga signifikan dengan kawasan lain, terutama ASEAN.

Pada tahun 1989 Korea Selatan mulai terlibat dalam berbagai pembicaraan partnership dengan ASEAN, hingga di tahun 1999 ikut mendirikan ASEAN Plus Three yang merupakan kerjasama kawasan yang melibatkan ASEAN dan tiga negara Asia Timur, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan.

Sebelum NSP diintrodusir pada tahun 2017, ASEAN telah menjadi partner dagang terbesar kedua yang dimiliki Korea Selatan. Pada 2016 volume perdagangan Korea Selatan dengan ASEAN sebesar 119 miliar dolar AS.

Adapun volume perdagangan Korea Selatan dengan China menempati posisi pertama dengan 211 miliar dolar AS. Sementara volume perdagangan dengan AS, Jepang, dan Rusia menempari posisi ketiga (109 miliar dolar AS), keempat (71 miliar dolar AS), dan kelima (13 miliar dolar AS).

Dari sisi investasi, ASEAN juga menempati posisi kedua dengan nilai investasi sebesar 5,1 miliar dolar AS, setelah Amerika Serikat (12,9 miliar dolar AS).  

Dari jumlah kunjungan wisatawan, jumlah wisatawan dari ASEAN pada tahun 2016 sebanyak 2,147 juta orang. Ini merupakan jumlah kunjungan terbesar ketiga setelah China (8 juta), dan Jepang (2,297 juta). Adapun jumlah wisatawan dari AS sebesar 866 ribu, dan Rusia sebesar 233 ribu pada tahun yang sama.

Angka-angka ini merupakan bagian dari berbagai pertimbangan sehingga Korea Selatan memutuskan untuk meningkatkan kerjasama dengan ASEAN melalui NSP yang beberapa pekan lalu telah di-upgrade menjadi NSP Plus untuk menyesuaikan dengan tantangan baru yang dihadapi dunia berupa pandemi Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA