Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiba Di Korsel, Menlu China Bahas Hubungan Kedua Negara Hingga Nuklir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 26 November 2020, 15:50 WIB
Tiba Di Korsel, Menlu China Bahas Hubungan Kedua Negara Hingga Nuklir
Menlu China bertemu dengan Menlu Korsel/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri China tiba di Korea Selatan pada Rabu (25/11) malam waktu setempat. Setibanya di Seoul, Wang langsung mengadakan pertemuan dengan mitranya Kang Kyung-wha.

Dalam pembicaraan keduanya berjanji terus meningkatkan kerja sama untuk memajukan hubungan bilateral dan menangani masalah regional dan global, termasuk pembicaraan nuklir yang macet yang melibatkan Korea Utara dan pandemi virus corona.

Wang mengatakan kepada Kang bahwa kunjungannya adalah untuk menyoroti pentingnya hubungan bilateral karena kedua negara bekerja sama sebagai ‘mitra strategis’ dalam mempertahankan perdamaian dan stabilitas regional serta mempromosikan pemerintahan global.

“Krisis Covid-19 tidak bisa mengalahkan warga kedua negara kita,” ujarnya di awal pertemuan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (26/11).

“Hubungan bilateral telah mengatasi cobaan Covid-19 dan menunjukkan kekuatan mereka yang lebih besar,” lanjutnya.

Ketika ditanya soal rencana kunjungan Xi tahun ini, Wang mengatakan kepada wartawan bahwa kedua belah pihak sedang bekerja untuk memfasilitasi kondisi untuk itu, termasuk situasi Covid-19. Perjalanan Xi ke Korea Selatan semula dijadwalkan awal tahun ini tetapi ditunda oleh pandemi yang mengganggu kalender diplomatik.

Kang berterima kasih kepada Wang atas kunjungan tersebut, mengungkapkan harapan untuk pertukaran pandangan untuk memperdalam kerja sama dalam berbagai masalah termasuk Korea Utara, pandemi dan pemulihan ekonomi menjelang peringatan 30 tahun hubungan bilateral pada tahun 2022.

“Saya juga menantikan untuk membahas cara-cara untuk secara stabil mengelola situasi yang berubah-ubah di semenanjung Korea dan untuk mendorong kondisi guna memajukan upaya kami dalam membangun perdamaian yang langgeng,” katanya.

Selain bertemu menlu, Wang juga dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Moon Jae-in dan pejabat lainnya.

Wang adalah diplomat senior Tiongkok kedua yang mengunjungi Korea Selatan sejak virus corona muncul di Tiongkok akhir tahun lalu, menyusul perjalanan Yang Jiechi, seorang anggota Politbiro Partai Komunis pada Agustus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA