Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

UNHCR Desak Ethiopia Buka Akses Kemanusian Ke Wilayah Tigray

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 30 November 2020, 08:25 WIB
UNHCR Desak Ethiopia Buka Akses Kemanusian Ke Wilayah Tigray
Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Filippo Grandi/Net
Hingga saat ini Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Filippo Grandi mengaku masih memiliki kesulitan untuk masuk ke wilayah konflik di Tigray utara. Ia berharap otoritas Ethiopia akan segera membuka akses tersebut untuk memudahkan penyaluran bantuan kemanusiaan.

"(sampai saat ini) itu belum mungkin, jadi saya berharap masalah itu akan menemukan perkembangannya dalam beberapa hari mendatang," kata Grandi  pada konferensi pers online dari ibu kota Sudan, Khartoum, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (29/11).

Ribuan orang diyakini telah tewas dan hampir 44 ribu lainnya telah melarikan diri ke Sudan sejak pertempuran di Tigray dimulai pada 4 November. Rincian tentang situasi di zona konflik sulit diperoleh karena sambungan telepon dan internet ke Tigray telah terputus dan aksesnya dikontrol dengan ketat sejak pertempuran dimulai.

Konflik tersebut menghadirkan ujian baru bagi Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed, yang menjabat dua tahun lalu dan berusaha menyatukan tambal sulam dari kelompok etnis yang membentuk 115 juta orang Ethiopia.

Grandi mengatakan UNHCR telah meminta sumbangan sebesar 147 juta dolar AS kepada para donor, untuk memenuhi kebutuhan 100 ribu orang untuk jangka waktu enam bulan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA