Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wabah Flu Burung Kian Meluas Di Jepang, Empat Prefektur Sudah Terpapar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 01 Desember 2020, 10:23 WIB
Wabah Flu Burung Kian Meluas Di Jepang, Empat Prefektur Sudah Terpapar
Flu burung/Net
rmol news logo Wabah flu burung kian meluas di Jepang. Saat ini sudah ada empat prefektur yang terdeteksi telah terpapar wabah tersebut.

Kementerian Pertanian pada Selasa (1/12) menyatakan prefektur keempat yang terinfeksi flu burung adalah Miyazaki di Pulau Kyushu. Penyakit itu terdeteksi di sebuah peternaan unggas di Kota Hyuga.

Dilaporkan Reuters, sebanyak 40 ribu ayam di peternakan Miyazaki akan disembelih dan dikubur. Selain itu, ekspor dalam radius 3 km di sekitar peternakan akan dibatasi.

Dengan begitu, maka sudah ada lebih dari 1,8 juta ayam yang dimusnahkan sejak wabah baru muncul.

Meski begitu, kementerian menegaskan, tidak ada kemungkinan manusia tertular flu burung karena memakan unggas atau telur yang terpapar.

Wabah flu burung yang baru-baru ini terjadi di Jepang sudah dimulai sejak bulan lalu di Prefektur Kanagawa di Pulau Shikoku.

Itu menjadi wabah flu burung terburuk di Jepang, setidaknya sejak 2016. Lantaran sejak November 2016 hingga Maret 2017, terdapat 1,67 juta ekor ayam yang dimusnahkan akibat flu burung dengan strain H5N6 itu.

Pada Januari 2018, Jepang mengalami wabah flu burung terakhir di Prefektur Kanagawa yang membuat 91 ribu ayam dimusnahkan.

Selain Jepang, flu burung juga sudah terdeteksi di Korea Selatan yang membuat sekitar 400 ribu ayam dan bebek di sana dimusnahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA