Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selandia Baru Ikut Bersuara Soal Foto Tentara Australia Bunuh Anak Afganistan, Sampaikan Keprihatinan Pada China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 01 Desember 2020, 10:38 WIB
Selandia Baru Ikut Bersuara Soal Foto Tentara Australia Bunuh Anak Afganistan, Sampaikan Keprihatinan Pada China
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern/Net
rmol news logo Selandia Baru ikut berkomentar atas penggunaan foto yang menggambarkan seorang tentara Australia tengah membunuh seorang anak Afganistan.

Berbicara di parlemen pada Selasa (1/12), Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan pihaknya telah menyatakan keprihatinannya langsung kepada China.

"Selandia Baru telah menyatakan langsung ke otoritas China (terkait) kekhawatiran kami atas penggunaan foto itu," kata Ardern, seperti dikutip Reuters.

"Itu adalah unggahan yang tidak benar, dan tentu saja itu akan menjadi perhatian kami. Jadi itu adalah sesuatu yang kami kemukakan secara langsung," tambah dia.

Beberapa waktu lalu, foto yang dimaksud oleh Ardern telah diunggah oleh jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian.

Dalam keterangannya, Zhao mengaku terkejut dengan laporan yang membuktikan pasukan khusus Australia telah membunuh warga sipil Afganistan secara ilegal.

Unggahan itu muncul di tengah perselisihan antara Beijing dan Canberra yang kian memanas. Sehingga Australia pun telah menuntut permintaan maaf China dan menghapus foro tersebut.

Di sisi lain, Selandia Baru selama ini telah berupaya untuk menghindari ketegangan dengan China, sebagai mitra dagang terbesarnya.

Walau begitu, Selandia Baru memiliki kedekatan dengan Australia, menjadi bagian dari Five Eyes, dan mendukung partisipasi Taiwan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA