Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Penarikan Pasukan Amerika Dari Afghanistan, Heiko Maas: Tanpa AS Kami Tidak Bisa jamin Keselamatan Tentara Jerman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 02 Desember 2020, 07:30 WIB
Jelang Penarikan Pasukan Amerika Dari Afghanistan, Heiko Maas: Tanpa AS Kami Tidak Bisa jamin Keselamatan Tentara Jerman
Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas/Net
rmol news logo Menjelang pertemuan para menteri luar negeri NATO pada hari Selasa (1/12) waktu setempat, Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengatakan bahwa dirinya mengharapkan dukungan lanjutan dari pasukan AS di Afghanistan.

Maas mengatakan, tanpa dukungan Amerika keamanan tentara Jerman tidak dapat dijamin.

Presiden AS Donald Trump telah mempercepat penarikan tentara Amerika, dengan rencana untuk memangkas jumlah di sana dari 4.500 menjadi 2.500 pada pertengahan Januari. Sebagian besar dari sebelas ribu personel NATO yang saat ini berada di Afghanistan memang berasal dari Eropa dan negara anggota lainnya, tetapi aliansi tersebut sangat bergantung pada angkatan bersenjata AS untuk dukungan udara dan logistik.

“Penting bahwa porsi pasukan Amerika yang diperlukan untuk keamanan tentara Jerman tetap berada di Afghanistan,” kata Maas merujuk pada helikopter evakuasi sebagai contoh, seperti dikutip dari DW, selasa (1/12).

"Kalau tidak, kami tidak bisa lagi menjamin keamanan tentara Jerman,” lanjutnya.

Komentarnya datang pada awal konferensi video dua hari para menteri luar negeri dari 30 negara NATO. Dalam pertemuan tersebut, para diplomat diharapkan akan membahas misi Afghanistan, serta serangkaian proposal untuk mereformasi aliansi militer.

Maas menambahkan bahwa tentara Jerman tidak bisa dan tidak boleh tinggal di Afghanistan selamanya, tetapi dia mengatakan penarikan pasukan internasional harus dikoordinasikan dengan negosiasi damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Berdasarkan kesepakatan antara Taliban dan AS, pasukan asing harus meninggalkan Afghanistan sebelum 1 Mei jika keamanan di lapangan memungkinkan.
Menteri pertahanan NATO kemungkinan akan membuat keputusan akhir tentang masa depan misi tersebut pada bulan Februari 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA