Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggota Parlemen Dari 18 Negara Desak Carrie Lam Bawa Pulang 12 Terdakwa Hong Kong Di China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 02 Desember 2020, 11:52 WIB
Anggota Parlemen Dari 18 Negara Desak Carrie Lam Bawa Pulang 12 Terdakwa Hong Kong Di China
Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam/Net
rmol news logo Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam didesak untuk mengintervensi peradilan terhadap 12 orang terkait protes anti-pemerintah.

Desakan itu disampaikan oleh lebih dari 150 anggota parlemen dari 18 negara dalam sepucuk surat pada Selasa malam (1/12).

Legislator itu mengatakan, 12 orang terdakwa, termasuk remaja berusia 16 tahun, ditahan oleh China ketika mencoba melarikan diri ke Taiwan menggunakan perahu pada 23 Agustus.

Sejak saat itu, mereka ditahan hampir tanpa komunikasi di penjara, seperti dikutip Reuters.

Pekan lalu, pihak berwenang China menyebut, mereka menghadapi dakwaan terkait penyeberangan perbatasan ilegal dan mengatur penyeberan perbatasan ilegal dengan ancaman penjara tujuh tahun.

"Dengan peran sebagai Kepala Eksekutif, Anda berkewajiban untuk menengahi nama orang-orang muda ini untuk memastikan mereka dijamin mendapatkan keadilan," kata anggota parlemen.

"Gagal melakukannya berarti Anda melepaskan tanggung jawab besar untuk melayani rakyat Hong Kong dan memastikan kesejahteraan serta keselamatan mereka," lanjut anggota parlemen.

Anggota parlemen juga mendesak agar 12 orang itu dikembalikan ke Hong Kong dan diberi akses untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka.

Lam sendiri sebelumnya mengatakan 12 orang itu harus menghadapi peradilan di China dan pihaknya akan memberikan bantuan yang dibutuhkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA