Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Ketegangan, Untuk Pertama Kalinya China Impor Beras Dari India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 03 Desember 2020, 07:30 WIB
Di Tengah Ketegangan, Untuk Pertama Kalinya China Impor Beras Dari India
Ilustrasi/Net
rmol news logo Meskipun suasana hati publik di India telah 'anti-China' akibat sejumlah ketegangan, Beijing tampaknya tidak terlalu peduli dan tetap terlibat bisnis degan negara tersebut. Bahkan, pemerintah China mulai mengimpor beras dari India, untuk pertama kalinya dalam tiga dekade.

Impor beras dari India ini dilakukan China setelah sebelumnya ada pengetatan pasokan dari Thailand, Myanmar dan Vietnam.

“Untuk pertama kalinya China melakukan pembelian beras. Mereka mungkin meningkatkan pembelian tahun depan setelah melihat kualitas hasil panen India,” kata BV Krishna Rao, presiden Asosiasi Eksportir Beras, seperti dikutip dari Bangkok Post, Rabu (2/12)

Pedagang India telah mengontrak untuk mengekspor 100.000 ton beras pecah untuk pengiriman Desember-Februari dengan harga sekitar 300 dolar AS per ton dengan basis free-on-board (FOB), kata pejabat industri.

India adalah pengekspor beras terbesar di dunia dan China telah lama menjadi pengimpor terbesar. Beijing membeli sekitar 4 juta ton per tahun tetapi telah menghindari pembelian dari India, dengan alasan masalah kualitas.

Impor beras datang meskipun ada ketegangan politik atas sengketa perbatasan di Himalaya yang meletus menjadi bentrokan pada Juni lalu, di mana 20 tentara India tewas.

Di mana sejak itu Pemerintahan Narendra Modi memperketat aturan investasi dari China dan melarang lusinan aplikasi seluler negara tersebut, termasuk dari raksasa teknologi Tencent, Alibaba, dan ByteDance. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA