Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ilmuwan China: Virus Corona Bersumber Di Sembilan Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Desember 2020, 08:29 WIB
Ilmuwan China: Virus Corona Bersumber Di Sembilan Negara
Virus corona baru atau SARS-CoV-2/net
rmol news logo Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan China menyebut ada sembilan negara yang menjadi sumber virus corona baru atau SARS-CoV-2.

Para ilmuwan di Akademi Ilmu Pengetahuan China itu menyebut India, Italia, Amerika Serikat (AS), Bangladesh, Australia, Rusia, Yunani, Serbia, dan bahkan Republik Ceko sebagai sumber virus.

Dikutip dari Daily Mail pada Kamis (3/12), para ilmuwan mengklaim virus corona muncul pertama kali di India pada musim panas 2019 dan ditularkan dari hewan ke manusia melalui air yang terkontaminasi.

Mereka mengatakan, penelitian yang mereka lakukan menggunakan analisis filogenetik untuk memantau mutasi pada virus. Di mana menurut mereka, virus yang memiliki jumlah mutasi paling sedikit kemungkinan besar adalah yang pertama.

Meski begitu, kredibilitas penelitian tersebut diragukan oleh banyak ilmuwan lainnya.

Seorang ahli dari University of Glasgow, David Robertson mengatakan, penelitian itu penuh dengan kesalahan dan tidak memberikan pemahaman mengenai SARS-CoV-2.

"Pendekatan penulir untuk mengidentifikasi urutan virus yang 'paling tidak bermutasi' adalah bias," ucap dia.

"Para penulis juga mengabaikan data epidemiologi ekstensif yang tersedia yang menunjukkan kemunculan yang jelas di China dan bahwa virus menyebar dari sana," tambahnya.

Komentar yang kurang lebih senada juga disampaikan oleh seorang ahli di University of California, Marc Suchard.

Ia mengatakan, memilih urutan virus yang memiliki sedikit perbedaan dalam kumpulan acak tidak mungkin menghasilkan nenek moyangnya.

SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab penyakit Covid-19 secara resmi diidentifikasi pertama kali di kota Wuhan, China pada akhir tahun lalu.

Hingga saat ini, sumber virus tersebut masih belum diketahui dan memicu banyak spekulasi. Beberapa spekulasi yang bermunculan menyebut virus itu muncul dari pasar makanan basah Wuhan dan kebocoran laboratorium di sana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA