Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Menyambut Kesepakatan Tahap Awal Negosiasi Perdamaian Afganistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Desember 2020, 14:20 WIB
Indonesia Menyambut Kesepakatan Tahap Awal Negosiasi Perdamaian Afganistan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Net
rmol news logo Sebagai salah satu negara pendorong negosiasi perdamaian Afganistan yang disebut sebagai Quint Support Group, Indonesia menyambut baik kesepakatan tahap awal yang sudah disetujui kedua belah pihak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Afganistan dan Taliban telah berhasil menyepakati rules of procedures pada Rabu (2/12).

Tahapan tersebut dinilai penting karena memungkinkan terjadinya kesepakatan damai tahap berikutnya, di mana negosiasi isu substantif dapat dimulai.

"Indonesia menyambut baik kesepakatan yang merupakan langkah penting menuju perdamaian abadi di Afganistan," kata Retno dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Kamis (3/12).

Retno juga mendorong kedua belah pihak untuk terus melakukan interaksi secara konstruktif untuk mencari solusi bersama yang inklusif.

"Indonesia berharap kedua belah pihak dapat segera membahas upaya-upaya untuk mengakhiri kekerasan, antara lain dengan menerapkan jeda kemanusiaan atau humanitarian pause yang diharapkan dapat berlanjut dengan kesepakatan gencatan senjata yang permanen," terang dia.

Jeda kemanusiaan sendiri, kata Retno, dapat digunakan untuk menangani dampak pandemi Covid-19 di Afganistan.

Retno juga menggemakan kembali komitmen Indonesia untuk mendukung proses perdamaian di Afganistan melalui Quint, termasuk dalam proses pembangunan dan pelibatan peran perempuan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA