Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kedubes Australia: Otoritas Kami Akan Menindak Penerobos KJRI Melbourne

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Desember 2020, 16:21 WIB
Kedubes Australia: Otoritas Kami Akan Menindak Penerobos KJRI Melbourne
Sekelompok orang yang menerobos masuk KJRI di Melbourne pada Selasa, 1 Desember 2020/Repro
rmol news logo Pemerintah Australia menyatakan keprihatinannya atas insiden penerobosan dan pengibaran Bendera Bintang Kejora di Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Melbourne pada Selasa (1/12).

Jurubicara Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Ian Gerard mengatakan Canberra menganggap serius kewajiban dan tanggung jawabnya untuk melindungi situs diplomatik.

Dalam Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik dan Konsuler, negara tuan rumah memiliki tanggung jawab untuk menjaga misi diplomatik.

"Kami prihatin atas setiap insiden yang melibatkan masuknya orang-orang secara tidak sah ke tempat diplomatik dan konsuler di Australia," kata Gerard kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (3/12).

Gerard menuturkan, otoritas Australia akan menindak secara hukum para pelaku yang disebut sebagai 'pengunjuk rasa', jika mereka ditemukan melakukan tindak pidana.

"Jika pengunjuk rasa diketahui telah melakukan tindak pidana, penegakan hukum Australia akan mengambil tindakan yang sesuai," tegasnya.

Pengibaran bendera milik Organisasi Papua Merdeka (OPM) di KJRI Melbourne dilakukan oleh sekelompok orang yang menerobos masuk kantor diplomatik tersebut.

Dalam video yang diunggah akun YouTube Izzy Brown terlihat beberapa orang menaiki atap konsulat untuk membentangkan bendera OPM dengan tulisan 'Free West Papua'.

Tidak jauh dari sana, beberapa orang lainnya memasang banner yang bertuliskan 'TNI Out Stop Killing Papua'. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA