Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Bangun Situs Peluncuran Roket Keempat, Kali Ini Di Atas Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 04 Desember 2020, 08:06 WIB
China Bangun Situs Peluncuran Roket Keempat, Kali Ini Di Atas Laut
Platform peluncuran roket dari laut oleh China/Net
rmol news logo China tengah membangun fasilitas peluncuran roket ke luar angkasa dari laut di wilayah pantai timurnya.

Fasilitas tersebut berada di dekat kota Haiyang, Shandong. Nantinya akan menjadi situs peluncuran roket keempat, setelah di Hainan, Sichuan, dan Shanxi.

Wakil presiden China Academy of Launch Vehicle Technology, Wang Zhanyu menuturkan, pembangunan situs itu dilakukan seiring dengan banyaknya permintaan peluncuran roket.

"Peluncuran roket berbasis laut adalah suplemen yang kuat untuk peluncuran tradisional di darat," kata Wang seperti dikutip South China Morning Post, Kamis (3/12).

Situs baru tersebut merupakan bagian dari kesepakatan komprehensif yang ditandatangani antara China Rocket Company dan pemerintah kota Haiyang pada Rabu (2/12).

Dengan nilai investasi sebesar 23 miliar yuan, proyek tersebut juga mencakup kawasan industri kedirgantaraan, pangkalan peluncuran roket berbasis laut, dan fasilitas wisata bertema luar angkasa.

Setiap tahunnya, fasilitas itu diharapkan dapat meluncurkan 20 roket, termasuk Smart Dragon.

Pada Juni tahun lalu, China menjadi negara pertama yang memiliki dan mengoperasikan platform peluncuran laut terapung sendiri. Ketika itu, roket Long March 11 diluncurkan dari sebuah platform di Laut Kuning, membawa lima satelit dan dua probe eksperimental.

Peluncuran roket berbasis laut pertama kali dilakukan pada 1990-an dalam program yang dibangun Rusia, Amerika Serikat, Norwegia, dan Ukraina. Tetapi program tersebut sudah tidak lagi berjalan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA