Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tak Berani Akui Kemenangan Joe Biden, Anggota Kongres Republik Takut Pada Trump

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 06 Desember 2020, 11:37 WIB
Tak Berani Akui Kemenangan Joe Biden, Anggota Kongres Republik Takut Pada Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump/Net
Banyak anggota Kongres Partai Republik yang ternyata masih belum mengakui kemenangan Joe Biden. Tetapi juga tidak mempercayai kemenangan Donald Trump.

Hasil survei yang dirilis oleh The Washington Post pada Sabtu (5/12) menunjukkan, hanya 26 dari total 249 anggota Kongres yang mengakui kemenangan Biden dalam pemilihan presiden pada 3 November.

Meski begitu, hanya dua anggota yang memercayai kemenangan Trump. Sementara yang lainnya, 221 anggota menolak menyebutkan siapa yang memenangkan pilpres.

Dalam survei, anggota Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu juga diminta untuk memberikan pandangannya perlihal gugatan hukum Trump atas klaim kecurangan pilpres.

Hasilnya, hanya sembilan anggota yang mendukung upaya Trump, delapan menentangnya, sementara sisanya, 232 tidak memberikan tanggapan yang jelas.

Sebanyak 31 anggota Kongres juga mengaku akan mengakui kemenangan Biden jika Electoral College memilihnya, dua tidak akan mengakui, dan sisanya, 216 tidak memberikan jawaban yang jelas.

Menurut The Washington Post, banyaknya keragu-raguan di antara anggota Kongres disebabkan karena mereka 'takut' pada Trump yang saat ini mengendalikan partai.

Walaupun hasil pemilihan resmi belum dirilis, tetapi Biden diproyeksikan menjadi pemenang dalam pilpres AS 2020. Ia akan dilantik bersama wakilnya, Kamala Harris pada 20 Januari 2021.

ARTIKEL LAINNYA