Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Venezuela Gelar Pemilu, Nicolas Maduro: Takdir Ada Di Tangan Rakyat

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 06 Desember 2020, 13:15 WIB
Venezuela Gelar Pemilu, Nicolas Maduro: Takdir Ada Di Tangan Rakyat
Venezuela menggelar pemilu legislatif pada akhir pekan ini/Net
Warga Venezuela bersiap untuk menggunakan suaranya dalam pemilu legislatif yang digelar akhir pekan ini (Minggu, 6/12) waktu setempat.

Lebih dari 20 juta warga Venezuela tercatat memiliki hak suara untuk memilih anggota legislatif baru yang akan duduk di kursi Majelis Nasional. Di sisi lain, ada lebih dari 14 ribu calon anggota legislatif akan memperebutkan 277 kursi legislatif dalam pemilu kali ini.

Pelaksanaan pemilu legislatif ini menjadi cerminan tersendiri bagi demokrasi di Venezuela. Presiden Dewan Pemilihan Nasional (CNE) Alfonzo menggarisbawahi karakter plural dari partisipasi organisasi politik yang luas di negara tersebut. Hal itu adalah bukti kepercayaan masyarakat pada kondisi dan jaminan yang ditetapkan untuk pengembangan demokrasi di negara Amerika Latin itu.

Dalam pernyataannya kepada saluran Venezolana de Television dia juga menekankan bahwa CNE akan melaksanakan pemilu secara adil dan transparan dalam semua tahapan proses pemungutan suara. Bukan hanya itu, pihaknya juga melibatkan audit dan sertifikasi teknisi dan ahli partai serta entitas observasi.

Alfonzo menyebut, ada partisipasi sekitar 200 pemantau internasional dalam pemilihan legislatif tersebut, termasuk pejabat dari badan pemilihan, tokoh politik dan misi teknis dari beberapa wilayah di dunia.

Bukan hanya itu, Presiden Venezuela, Nicolas Maduro juga mengaku yakin bahwa negaranya akan bisa menjalankan proses demokrasi dengan baik, salah satunya tercermin dari pemilu kali ini.

Dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, Maduro bahkan menekankan bahwa dia siap menerima jika oposisi menang dalam pemilu.

"Saya menyerahkan takdir saya di tangan rakyat Venezuela, jika pada hari Minggu partai-partai oposisi menang, kami akan mengambil jalan lain," tegas Maduro.

"Saya menerima tantangan ini, kami tahu bahwa rakyat akan memberikan suara mereka dan kami akan memiliki kemenangan Revolusi Bolivarian," sambungnya, seperti dikabarkan Prensa Latina (Sabtu, 5/12).

ARTIKEL LAINNYA