Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Armada Terbesar Iran Bergerak Bawa Bahan Bakar Ke Venezuela

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 06 Desember 2020, 18:19 WIB
Armada Terbesar Iran Bergerak Bawa Bahan Bakar Ke Venezuela
Pekerja minyak Venezuela mengibarkan bendera Iran dan Venezuelal selama upacara kedatangan kapal tanker minyak di kilang El Palito dekat Puerto Cabello, Venezuela, 25 Mei 2020/AP
rmol news logo Armada kapal tanker terbesar Iran saat ini dilaporkan sedang dalam perjalanan menuju ke Venezuela dengan membawa muatan bahan bakar.

Menurut sumber anonim yang. kabarnya dekat dengan informasi tersebut, seperti mengutip kabar dari Bloomberg, pada Sabtu (5/12), beberapa armada besar Iran akan membantu mengekspor minyak mintah ke Venezuela.

Sementara itu, mengutip Press TV, sejumlah armada Iran yang saat ini dalam perjalanan menunju Venezuela berukuran sekitar dua kali lipat dari yang dikirim pada Mei lalu.

Sumber informasi tersebut mengatakan, kedua negara sedang mendiskusikan cara bagi Iran untuk membantu Venezuela merombak kilang Cardon, yakni pabrik bahan bakar terakhir di sana yang beroperasi secara teratur.

Pengiriman ini akan sangat mungkin memicu kegeraman dari Amerika Serikat. Negeri Paman Sam itu diketahui memberlakukan sanksi sepihak yang menargetkan Venezuela dan Iran.

Amerika Serikat telah menjatuhkan sanksi kepada perusahaan minyak negara Petroleos de Venezuela (PDVSA) sebagai bagian dari dorongannya untuk menggulingkan Presiden Nicolas Maduro, yang menyebabkan kekurangan bensin yang melumpuhkan di negara OPEC yang pernah makmur itu.

Ini sebenarnya bukan kali pertama Iran mengirimkan bahan bakar ke Venezuela. Pada Mei lalu, Iran mengirim lima kapal tanker bermuatan 1,53 juta barel bensin dan alkilat ke Venezuela untuk membantu memulai kilang minyak di negara bagian Amerika Latin itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA