Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Pandemi Mereda, Paus Fransiskus Akan Kunjungi Irak Maret 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 08 Desember 2020, 07:38 WIB
Jika Pandemi Mereda, Paus Fransiskus Akan Kunjungi Irak Maret 2021
Paus Fransiskus merayakan Misa pada Hari Raya Santo Petrus dan Paulus, di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Senin, 29 Juni 2020/Net
rmol news logo Vatikan mengumumkankan pada Senin(7/12) waktu setempat bahwa jika tidak ada aral melintang, Paus Fransiskus dijadwalkan akan melakukan ziarah ke Irak pada Maret 2021.

Juru bicara Vatikan Matteo Bruni mengatakan, Fransiskus akan melakukan kunjungannya pada 5-8 Maret. Dalam perjalannnya itu dia akan singgah di Baghdad, Dataran Ur, serta Kota Irbil, Mosul, dan Qaraqosh.

Bruni mengatakan jadwal perjalanan akan diumumkan kemudian dan akan mempertimbangkan protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19.

Jika benar terjadi, ini akan menjadi perjalanan luar negeri pertama bagi Paus sejak November 2019, ketika dia mengunjungi Thailand dan Jepang.

Vatikan mengatakan Paus telah menerima undangan dari pemerintah Irak dari gereja Katolik setempat, seperti dikutip dari AP, Senin (7/12).

Belum jelas apakah Paus akan melakukan perjalanan walaupun dia belum divaksinasi Covid-19, karena hingga kini Vatikan belum mengumumkan rencana vaksinasi apa pun. Italia diperkirakan akan memulai vaksinasi pada Januari tahun depan.

Rencana kunjungannya ke Irak pernah disinggung oleh Paus Fransiskus pada pertengahan 2019. Saat itu ia memberi tahu lembaga bantuan Katolik bahwa dia berencana melakukan perjalanan ke Irak pada tahun 2020.

Pada saat itu, Paus menyatakan harapannya bahwa Irak dapat membangun masa depannya dengan damai dalam usaha bersama untuk kebaikan di semua elemen masyarakat, termasuk agama, dan tidak jatuh kembali ke dalam permusuhan yang dipicu oleh konflik yang membara di dalam negeri.

Irak adalah salah satu dari sedikit negara yang kunjungannya luput dari kunjungan Paus Yohanes Paulus II yang berkeliling dunia. Saat sakit, dia ingin pergi ke Irak pada 1999, tetapi menurut Vatikan, ziarah tidak pernah terjadi karena pada waktu itu Saddam Hussein menundanya.

Qaraqosh adalah kota Kristen besar di dataran Niniwe yang telah dikosongkan seluruhnya saat kelompok ISIS mengambil alih Mosul.

Sementara penduduk Irbil sebagian besar adalah orang Kurdi, dengan beberapa komunitas Turkmenistan dan Kristen, dan Mosul adalah kota dengan mayoritas Arab Sunni. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA