Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Makin Dekat Dengan AS, Taiwan Makin Sering Dapat Ancaman Dari China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 08 Desember 2020, 10:44 WIB
Makin Dekat Dengan AS, Taiwan Makin Sering Dapat Ancaman Dari China
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/Net
rmol news logo Pengumuman paket penjualan senjata dari Amerika Serikat (AS) ternyata membuat Taiwan menerima ancaman militer.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan ancaman itu muncul dari China, di mana Beijing terus memiliterisasi kawasan, termasuk Laut China Selatan dengan membangun pulau-pulau buatan dengan fasilitas angkatan udara dan laut.

"Pasukan otoriter secara konsisten berusaha untuk melanggar tatanan berbasis norma yang ada. Taiwan telah menerima ancaman militer seperti itu setiap hari," kata Tsai dalam forum keamanan di Taipei pada Selasa (8/12), seperti dikutip Reuters.

Meski begitu, Kementerian Pertahanan Taiwan menegaskan komitmen AS untuk menjual senjatanya ke Taiwan tidak berubah.

"Taiwan dan Amerika Serikat akan terus mengonsolidasikan kemitraan keamanan mereka untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," ujar kementerian.

Selain itu, pemerintah Taiwan juga optimis jika pemerintahan baru Presiden terpilih Joe Biden nanti tidak akan mengurangi dukungan AS untuk Taiwan.

Sehari sebelumnya, Senin (7/12), AS telah mengumumkan paket penjualan senjata baru ke Taiwan senilai 280 juta dolar AS. Itu merupakan paket penjualan senjata ke enam dari AS ke Taiwan.

Penjualan senjata dari AS ke Taiwan sendiri terus memicu kekhawatiran China yang menganggap pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA