Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maroko Negara Terbaik Keempat Dunia Dalam Upaya Perang Melawan Perubahan Iklim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 09 Desember 2020, 10:25 WIB
Maroko Negara Terbaik Keempat Dunia Dalam Upaya Perang Melawan Perubahan Iklim
Ilustrasi/Net
rmol news logo Indeks Kinerja Perubahan Iklim 2021 menyatakan bahwa Maroko menduduki peringkat keempat dunia di belakang Swedia, Inggris, dan Denmark, dalam upaya memerangi perubahan iklim.

Dibandingkan dengan Indeks Kinerja Perubahan Iklim 2020, Maroko turun satu peringkat karena skor Inggris yang meningkat.

Indeks tersebut mengukur upaya mitigasi iklim di 57 negara di seluruh dunia. Mereka memberi skor dalam skala 0 hingga 100 kepada setiap negara, berdasarkan empat kriteria utama: emisi Gas Rumah Kaca (GRK), energi terbarukan, penggunaan energi, dan kebijakan iklim.

Maroko sendiri memperoleh skor keseluruhan 67,59, seperti dikutip dari Morocco News, Selasa (8/12).

Negara ini mendapat skor terbaik dalam penggunaan energi yakni 16,06 dari 20, emisi GRK 29,35 dari 40, dan kebijakan iklim 14,1 dari 20. Sementara secara global Kerajaan menduduki peringkat ke-22 dalam kriteria energi terbarukan, dengan skor 8,08 dari 20.

Hanya tiga negara Afrika lainnya yang muncul di Indeks Kinerja Perubahan Iklim 2021, tetapi tidak satupun dari mereka yang mendapat peringkat 'tinggi' seperti Maroko. Mesir berada di peringkat 22 menurut indeks, Afrika Selatan ke-37, dan Aljazair ke-43.

Indeks tersebut juga menampilkan tiga negara dari Timur Tengah, yakni Turki, Iran, dan Arab Saudi.

Turki berada di peringkat ke-42 dengan skor 'rendah', sedangkan Iran dan Arab Saudi berada di peringkat 59 dan 60 dengan kategori skor 'sangat rendah'. Sementara Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara yang mencetak skor terburuk, dan berdiri di urutan terbawah dengan 19,75 poin dari 100. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA