Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggota Parlemen Kongo Berkelahi Akibat Kisruh Politik, Tiga Orang Terluka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 09 Desember 2020, 15:41 WIB
Anggota Parlemen Kongo Berkelahi Akibat Kisruh Politik, Tiga Orang Terluka
Perkelahian antar anggota parlemen Kongo/Net
rmol news logo Kisruh politik terjadi di Republik Demokratik Kongo. Perkelahian pun tak terhindarkan di antara anggota parlemen saat bertemu di Istana Rakyat.

Setidaknya tiga orang terluka dalam pertarungan antara pendukung Presiden Felix Tshisekedi dan pendukung mantan Presiden Joseph Kabila.

Dilaporkan 9 News pada Rabu (9/12), kedua kelompok saling berkelahi, melemparkan barang satu sama lain sebelum akhirnya polisi dipanggil untuk menghentikan kekacauan.

Ketegangan itu sudah mulai terjadi sejak beberapa bulan lalu, ketika koalisi Tshisekedi mulai rapuh.

Kantor Bersama Hak Asasi Manusia PBB (UNJHRO di Kongo mengutuk perkelahian tersebut dan menyebutnya tidak sesuai dengan demokrasi.

Utusan PBB untuk Kongo, Leila Zerrougui mendesak para politisi untuk fokus pada kepentingan rakyat dan menghentikan ketegangan lebih lanjut.

"Kami akan terus memanfaatkan layanan baik kami untuk memfasilitasi penyelesaian yang cepat dan damai untuk situasi politik yang rumit ini, situasi yang, jika terus berlanjut, dapat memiliki konsekuensi serius dan merugikan pada situasi ekonomi dan keamanan di negara, di tengah pandemi Covid-19," lanjut Zerrougui.

Tshisekedi mengambil alih jabatan dari Kabila pada Januari 2019 setelah pemungutan suara yang masih menjadi kontroversi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA