Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Nicolas Maduro Ungkap, Ada Plot Pembunuhan Dirinya Di Hari Pemilu

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 09 Desember 2020, 23:23 WIB
Nicolas Maduro Ungkap, Ada Plot Pembunuhan Dirinya Di Hari Pemilu
Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyebut ada plot pembunuhan terhadap dirinya pada hari pemilu legislatif akhir pekan kemarin/Net
Presiden Venezuela Nicolas Maduro lagi-lagi bergesekkan dengan rencana pembunuhan.

Dalam sebuah kesempatan, di hadapan wartawan di Venezuela (Selasa, 8/12), Maduro mengungkapkan bahwa ada upaya pembunuhan baru terhadap dirinya pada hari pemilihan umum legislatif akhir pekan kemarin.

Rencana pembunuhan itu diketahui pihaknya lebih dulu sebelum sempat diekskusi. Atas informasi itulah, dia sampai harus mengubah tempat pemungutan suara ke pangkalan militer utama di ibu kota Caracas demi keselamatannya, setelah diberitahu tentang rencana tersebut.

Maduro menuding, plot pembunuhan terbaru terhhadap dirinya itu melibatkan negara tetangga, Kolombia. Dia bahkan menuduh bahwa Presiden Kolombia Ivan Duque memainkan peranan dalam rencana tersebut.

"Kami menerima informasi dari sumber intelijen Kolombia yang sangat andal, bahwa mereka sedang mempersiapkan serangan untuk membunuh saya pada hari pemilihan," kata Maduro, seperti dikabarkan Press TV.

Ini bukan kali pertama plot pembunuhan dihadapi oleh Maduro. Upaya pembunuhan hingga kudeta telah dihadapinya sejak beberapa tahun terakhir. Dia kerap menuding Amerika Serikat dan Kolombia berada di balik rencana tersebut.

Diketahui bahwa Amerika Serikat dan Kolombia sama-sama mengakui bahwa pemimpin oposisi Juan Guaido merupakan pemimpin Kolombia yang sah setelah dia mendeklarasikan diri sendiri sebagai Presiden Venezuela Januari tahun lalu.

ARTIKEL LAINNYA