Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dewan Parlemen Eropa Imbau Agar Negara Uni Eropa Yang Tersisa Akui Kosovo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 10 Desember 2020, 14:18 WIB
Dewan Parlemen Eropa Imbau Agar Negara Uni Eropa Yang Tersisa Akui Kosovo
Ilustrasi/Net
rmol news logo Parlemen Eropa (EP) dalam laporannya meminta lima negara anggota Uni Eropa yang tersisa untuk mengakui kemerdekaan Kosovo. Pengakuan itu akan sangat berarti dan berguna untuk normalisasi hubungan antara Beograd dan Pristina.

Radio Free Europe (RFE) memberitakan pada Rabu (9/12) bahwa laporan dalam draft parlemen itu ditulis oleh Pelapor untuk Kosovo, Viola von Cramon, yang sedianya akan dibahas oleh anggota parlemen lainnya. Cramon mengungkapkan, normalisasi hubungan antara Kosovo dan Serbia menjadi prioritas dan prasyarat untuk bergabung dengan UE.

Laporan tentang Kosovo dan negara Balkan Barat lainnya akan menjadi agenda dari Komite Urusan Luar Negeri (AFET) EP pada Kamis hari ini, dan kemudian pada sesi pleno EP, seperti dikutip dari N1, Rabu (9/12).

Laporan itu juga akan menjadi resolusi EP melalui pemungutan suara.  

Kedua belah pihak, baik Serbia maupun Kosovo, diharapkan melaksanakan kesepakatan yang telah disetujui bersama.  

Dewan Uni Eropa (EUCO) juga diharapkan menyetujui liberalisasi visa bagi rakyat Kosovo sejalan dengan pendapat Komisi Eropa bahwa semua syarat terpenuhi. Juga memperingatkan Parlemen Eropa tentang kurangnya kemauan politik untuk memerangi kejahatan terorganisir dan korupsi dengan lebih gencar.

EP akan mencatat kesepakatan ekonomi tentang normalisasi ekonomi antara Kosovo dan Serbia yang dicapai di Washington pada 4 September, dan menekankan bahwa kerja sama transatlantik merupakan elemen penting untuk stabilitas kawasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA