Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China, Vaksin, Dan Diplomasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 10 Desember 2020, 15:30 WIB
China, Vaksin, Dan Diplomasi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Di saat sejumlah negara kaya berebut membeli persediaan vaksin virus corona yang sangat terbatas itu, China tak mau ketinggalan langkah. Dia menawarkan suntikan lokal mereka ke negara-negara miskin.

Sejumlah pengamat menilai itu adalah cara China untuk meraih efek jangka panjang yang menguntungkan bagi negaranya.

Strategi tersebut juga disebut akan membawa banyak manfaat yang mungkin: mengalihkan kemarahan dan kritik atas penanganan awal China terhadap pandemi, meningkatkan profil perusahaan bioteknologi, dan memperkuat serta memperluas pengaruh di Asia dan sekitarnya.

"Tidak diragukan lagi China sedang mempraktikkan diplomasi vaksin dalam upaya untuk memperbaiki citranya," kata Huang Yanzhong, seorang rekan senior untuk kesehatan global di Council on Foreign Relations (CFR), seperti dikutip dari AFP, Kamis (10/12).

"Itu juga telah menjadi alat untuk meningkatkan pengaruh global China dan mengatasi masalah geopolitik," lanjutnya.

Sadar jadi sasaran kritik global atas munculnya virus corona di Wuhan, telah memicu China untuk mengerahkan sebagian besar kemampuannya sendiri untuk mengendalikan wabahnya sendiri hingga mampu membalikkan keadaan seperti saat ini.

Di awal pandemi, Beijing bergegas mengekspor jutaan masker dan APD, tak ketinggalan mengirim tim medis untuk membantu sistem perawatan kesehatan yang tegang di Eropa dan Afrika.

Sekarang, di saat perusahaan farmasi besar Barat mulai memasarkan vaksin mereka, China meluncurkan versinya sendiri - menandatangani perjanjian untuk memasok jutaan dosis, termasuk ke negara-negara yang bahkan terkadang memiliki hubungan yang sangat buruk dengan Beijing.

Para diplomat China telah menandatangani kesepakatan dengan Malaysia dan Filipina, yang keduanya, sebelumnya selalu mengeluhkan ambisi ekspansionis Beijing di Laut China Selatan.

"'Diplomasi vaksin' China bukanlah tanpa syarat," kata Ardhitya Eduard Yeremia dan Klaus Heinrich Raditio dalam sebuah makalah yang diterbitkan bulan ini oleh lembaga Yusof Ishak yang berbasis di Singapura.

"Beijing dapat menggunakan sumbangan vaksinnya untuk memajukan agenda regionalnya, terutama pada masalah sensitif seperti klaimnya di Laut China Selatan," tambah mereka.

China telah meningkatkan fasilitas produksi untuk menghasilkan satu miliar tembakan virus korona tahun depan - dan, setelah sebagian besar menjinakkan wabah di dalam negeri, akan ada surplus untuk dijual.

Jika China mampu meraih 15 persen saja pasar di negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah, itu akan menghasilkan penjualan sekitar 2,8 miliar dolar AS, menurut perkiraan Essence Securities, sebuah perusahaan pialang yang berbasis di Hong Kong.

"Setiap orang berteriak-teriak meminta vaksin dan Beijing berada dalam posisi yang baik untuk memanfaatkan emas di dasar piramida," kata seorang analis di perusahaan itu, yang menolak disebutkan namanya.

"Semua upaya ini, yang dicap sebagai 'Jalur Sutra Kesehatan', membantu China memulihkan reputasi nasionalnya sambil membuka pasar baru bagi perusahaannya," kata Lancaster.

Hingga saat ini China memiliki empat vaksin yang sudah memasuki tahap akhir pengembangan, dan sangat maju dengan pengujian manusia massal di sejumlah negara, termasuk Brasil, Uni Emirat Arab, dan Turki.

Jutaan warga di dalam negeri juga telah menerima suntikan.

Tetapi tidak seperti vaksin yang dikembangkan oleh Moderna, AstraZeneca dan Johnson & Johnson, sedikit informasi yang telah dipublikasikan tentang keamanan atau kemanjuran vaksin China.

"Kurangnya transparansi dalam sistem China berarti ribuan (di dalam negeri) telah menerima vaksin China tanpa data pengujian yang relevan dipublikasikan," kata Natasha Kassam, seorang analis kebijakan China di Lowy Institute.

Dia mengatakan bahwa kekurangan data 'akan menyebabkan alarm' selama peluncuran global.

Pembuat vaksin China juga telah memeriksa reputasi, setelah skandal besar di rumah yang melibatkan produk kadaluarsa atau kualitas buruk.

Semua itu berarti pembeli luar negeri harus berhati-hati. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA