Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jurnalis Afganistan Tewas Ditembak Pria Bersenjata, Taliban Tolak Terlibat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 Desember 2020, 16:46 WIB
Jurnalis Afganistan Tewas Ditembak Pria Bersenjata, Taliban Tolak Terlibat
Jurnalis Afganistan, Malalai Maiwand/Net
rmol news logo Angka kekerasan terhadap jurnalis di Afganistan terus meningkat. Kali ini seorang jurnalis perempuan bernama Malalai Maiwand menjadi korban serangan pria-pria bersenjata.

Maiwand yang juga merupakan aktivis hak-hak perempuan di Afganistan bekerja sebagai reporter di Radio dan TV Enikas di Nangarhar.

Ia dan sopirnya tewas dalam serangan di Jalalabad, Provinsi Nangarhar pada Kamis (10/12).

"Dia sedang dalam perjalanan ke kantor ketika insiden itu terjadi," kata jurubicara gubernur provinsi Attaullah Khogyani, seperti dimuat The Guardian.

Kematian Maiwand menjadi keprihatinan tersendiri, karena total jurnalis dan pekerja media yang tewas di Afganistan bertambah menjadi 10 orang untuk tahun ini.

Jurubicara Kementerian Dalam Negeri Tariq Arian mengatakan, dalam satu setengah dekade terakhir sebagian besar jurnalis yang terbunuh adalah korban Taliban.

Tetapi jurubicara Taliban Zabihullah Mujahid telah membantah keterlibatan mereka dalam insiden yang merenggut nyawa Maiwand.

"Dengan terbunuhnya Malalai, lapangan kerja bagi jurnalis perempuan menjadi lebih kecil dan jurnalis mungkin tidak berani melanjutkan pekerjaan mereka seperti yang mereka lakukan sebelumnya," kata Nai, sebuah organisasi pendukung media di Afghanistan.

Media tempat Maiwand bekerja, Enikas, telah menjadi target sasaran. Pemiliknya, Engineer Zalmay pernah diculik untuk mendapatkan uang tebusan pada tahun 2018.

Maiwand juga bukan keluarga pertama yang menjadi sasaran. Lima tahun lalu, ibunya yang juga seorang aktivis, dibunuh oleh orang bersenjata tak dikenal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA