Peringati Hari HAM Sedunia, Ratusan Warga Kamerun Turun Ke Jalan Tuntut Diakhirinya Kekerasan dan Terorisme

Para wanita turun ke jalan di hari HAM 10 Desember 2020 di Kamerun/Net

Ratusan penduduk Kamerun melakukan aksi turun ke jalan tepat di Hari Hak Asasi Manusia Internasional yang berlangsung pada Kamis (10/12). Aksi itu menyerukan diakhirinya kekerasan separatis dan terorisme Boko Haram, dua konflik yang telah menewaskan puluhan ribu orang di negara itu.

Kerumunan yang sebagian besar diikuti wanita dan anak-anak, bernyanyi di pusat kota di ibu kota Kamerun, Yaounde, berharap perdamaian akan kembali ke negara bagian Afrika tengah itu.

Mumah Bih Yvonne dari Gerakan Perdamaian Wanita Kamerun mengatakan pelanggaran hak asasi manusia menjadi tak tertahankan, terutama yang menargetkan perempuan dan anak-anak sebagai korban.

“Gencatan senjata yang sebenarnya harus diperhatikan. Gencatan senjata dan dialog di mana semua pemangku kepentingan akan diundang,” katanya seperti dikutip dari VOA, Jumat (11/12).

Militer Kamerun telah memerangi Boko Haram, kelompok teroris Islam yang berbasis di Nigeria sejak 2016. Militer menuduh kelompok itu melakukan pembunuhan rutin, penculikan dan pembakaran masjid, gereja, pasar dan sekolah. Pertempuran itu telah membuat lebih dari 2 juta orang mengungsi dan lebih dari 7 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa melaporkan bahwa 3.000 orang telah tewas sementara 550 ribu lainnya mengungsi sejak pertempuran dengan separatis pecah pada 2016.

Dalam laporan tahun 2020, Human Rights Watch mengatakan baik kelompok bersenjata maupun pasukan pemerintah telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang meluas di seluruh Kamerun. Laporan tersebut mengatakan pasukan pemerintah dan separatis bersenjata bahkan telah membunuh, menyerang, atau menculik penyandang disabilitas.

Feka Parcibel, koordinator dari organisasi Hope for Vulnerables and Orphans mengatakan, pemberontak dan militer harus menjatuhkan senjata mereka jika mereka benar-benar ingin perdamaian kembali ke Kamerun. Dia mengatakan pertempuran itu telah merampas hak-hak ratusan ribu anak-anak mereka atas pendidikan. Feka juga mengatakan lusinan anak telah dibunuh karena pergi ke sekolah.

“Sudah empat tahun penderitaan. Pembunuhan tidak membawa solusi apa pun dan tidak akan membawa solusi apa pun. Kami lelah menangis, melarikan diri dari rumah, memasuki pekerjaan seks, kami lelah menjadi budak hanya untuk bertahan hidup. Jatuhkan senjatamu, akhiri pertumpahan darah,” katanya.

Feka mengatakan Kamerun harus mengatur apa yang disebutnya dialog nasional sejati dengan para pemimpin separatis untuk menghentikan pelanggaran hak asasi manusia.

Sementara Marie Theres Abena Ondoua, menteri pemberdayaan perempuan Kamerun, mengatakan pemerintah berkomitmen untuk membawa perdamaian, tetapi para pejuang harus meletakkan senjata mereka.

Kamerun pernah mengadakan dialog nasional besar tahun lalu untuk menyelesaikan krisis negara, terutama krisis separatis Anglophone. Namun, pertempuran terus berlanjut dengan pelanggaran hak asasi manusia yang berat, menurut PBB.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021
Video

RMOL World View • Diplomasi Halal Saat Pandemi

Senin, 08 Maret 2021

Artikel Lainnya

Indonesia Raih Finalis Human City Design Award 2020 Di Korsel
Dunia

Indonesia Raih Finalis Human..

08 Maret 2021 17:48
KDCA: Tak Ada Hubungan Antara Vaksinasi Dan Kasus Kematian Setelah Divaksin
Dunia

KDCA: Tak Ada Hubungan Antar..

08 Maret 2021 15:53
Hari Perempuan Internasional, Perempuan Myanmar Turun Ke Jalan Lawan Kudeta
Dunia

Hari Perempuan Internasional..

08 Maret 2021 15:17
Pangeran Harry Merasa Terjebak Dengan Kerajaan Hingga Bertemu Meghan Markle
Dunia

Pangeran Harry Merasa Terjeb..

08 Maret 2021 14:27
AS Minta Turki Jadi Tuan Rumah Dialog Perdamaian Intra-Afghan
Dunia

AS Minta Turki Jadi Tuan Rum..

08 Maret 2021 13:33
Finlandia: Skema Pengadaan Vaksin Kolektif Uni Eropa Hambat Program Vaksinasi
Dunia

Finlandia: Skema Pengadaan V..

08 Maret 2021 13:08
Korsel Sepakat Tambah Biaya Konstribusi Pasukan AS
Dunia

Korsel Sepakat Tambah Biaya ..

08 Maret 2021 12:41
China Siapkan Pusat Vaksinasi Untuk Suntik Warganya Di Luar Negeri
Dunia

China Siapkan Pusat Vaksinas..

08 Maret 2021 11:45