Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Duta Besar Indonesia Priyo Iswanto Terima Penghargaan Medali Seratus Tahun Elias Bechara Zainum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 11 Desember 2020, 12:38 WIB
Duta Besar Indonesia Priyo Iswanto Terima Penghargaan Medali Seratus Tahun Elias Bechara Zainum
Duta Besar Indonesia untuk Kolombia, Priyo Iswanto/Net
rmol news logo Kabar baik bagi Indonesia yang diwakili oleh Duta Besarnya di Kolombia. Universitas Del Sinu memberikan penghargaan Medali Seratus Tahun Elias Bechara Zainum kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk Kolombia, Priyo Iswanto, atas jasa-jasanya memajukan kerja sama antara Indonesia dan Kolombia di berbagai bidang.

Priyo yang mewakili Indonesia banyak berperan dalam masa sulit karena wabah Covid-19 serta mengupayakan terwujudnya bebas visa bagi pengunjung Indonesia ke Kolombia. Dan ini adalah  untuk pertama kalinya terbangun kerjasama antar universitas antara Indonesia dan Kolombia.

Penganugerahan penghargaan diberikan secara daring dalam upacara memperingati seratus tahun pendiri Universitas del Sinu (Unisinu), Elias Bechara Zainum, pada hari ini, Jumat (11/12) pukul 05.00 waktu setempat.

Selain kepada Dubes Indonesia, penghargaan juga diberikan kepada pejabat negara di Kolombia antara lain Presiden Ivan Duque, mantan Presiden Alvaro Uribe, Ketua Mahkamah Agung Jorge Quiroz, dan beberapa menteri seperti Menteri Ilmu dan Teknologi, Mabel Lara, Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Rodolfo Zea Navarro.

Dalam acara penyerahan penghargaan Presiden Kolombia Ivan Duque dan Rektor Unisinu Adriana Suarez, menyampaikan jasa-jasa profesional Dubes RI dalam mengembangkan kerja sama kedua negara sehingga sehingga berdampak terhadap kepentingan Kolombia.

Dalam rilis yang diterima redaksi, Dubes Priyo menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia dan sekaligus pengakuan dari institusi paling berpengaruh di Kolombia bahwa kerjasama antara Indonesia dan Kolombia semakin meningkat dan citra Indonesia semakin positif dan dikenal baik oleh masyarakat Kolombia.

Setelah 40 tahun terjalin hubungan diplomatik, kini sudah tiba waktunya kalangan akademisi ikut terlibat aktif dalam mengisi kerjasama yang semakin meningkat sekaligus meningkatkan people to people contact memanfaatkan fasilitas bebas visa kedua negara.

Tahun ini juga untuk pertama kali terjali kerjasama antar universitas. UPN Veteran Jawa Timur dengan Universitas Externado, Universitas Muhammadiyah Malang dengan Universitas EAFIT Medellin, dan yang sedang dalam proses adalah Unisinu dengan salah satu universitas di Indonesia.

Pendiri Universitas, Elias Bechara Zainum, adalah seorang figur ilmuwan yang sangat dihormati dalam dunia pendidikan di Kolombia. Sedangkan Unisinu adalah universitas swasta berakreditasi A yang memiliki tiga kampus di kota Monteria, Cartagena, dan Bogota. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA