Duta Besar Indonesia Priyo Iswanto Terima Penghargaan Medali Seratus Tahun Elias Bechara Zainum

Duta Besar Indonesia untuk Kolombia, Priyo Iswanto/Net

Kabar baik bagi Indonesia yang diwakili oleh Duta Besarnya di Kolombia. Universitas Del Sinu memberikan penghargaan Medali Seratus Tahun Elias Bechara Zainum kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk Kolombia, Priyo Iswanto, atas jasa-jasanya memajukan kerja sama antara Indonesia dan Kolombia di berbagai bidang.

Priyo yang mewakili Indonesia banyak berperan dalam masa sulit karena wabah Covid-19 serta mengupayakan terwujudnya bebas visa bagi pengunjung Indonesia ke Kolombia. Dan ini adalah  untuk pertama kalinya terbangun kerjasama antar universitas antara Indonesia dan Kolombia.

Penganugerahan penghargaan diberikan secara daring dalam upacara memperingati seratus tahun pendiri Universitas del Sinu (Unisinu), Elias Bechara Zainum, pada hari ini, Jumat (11/12) pukul 05.00 waktu setempat.

Selain kepada Dubes Indonesia, penghargaan juga diberikan kepada pejabat negara di Kolombia antara lain Presiden Ivan Duque, mantan Presiden Alvaro Uribe, Ketua Mahkamah Agung Jorge Quiroz, dan beberapa menteri seperti Menteri Ilmu dan Teknologi, Mabel Lara, Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Rodolfo Zea Navarro.

Dalam acara penyerahan penghargaan Presiden Kolombia Ivan Duque dan Rektor Unisinu Adriana Suarez, menyampaikan jasa-jasa profesional Dubes RI dalam mengembangkan kerja sama kedua negara sehingga sehingga berdampak terhadap kepentingan Kolombia.

Dalam rilis yang diterima redaksi, Dubes Priyo menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia dan sekaligus pengakuan dari institusi paling berpengaruh di Kolombia bahwa kerjasama antara Indonesia dan Kolombia semakin meningkat dan citra Indonesia semakin positif dan dikenal baik oleh masyarakat Kolombia.

Setelah 40 tahun terjalin hubungan diplomatik, kini sudah tiba waktunya kalangan akademisi ikut terlibat aktif dalam mengisi kerjasama yang semakin meningkat sekaligus meningkatkan people to people contact memanfaatkan fasilitas bebas visa kedua negara.

Tahun ini juga untuk pertama kali terjali kerjasama antar universitas. UPN Veteran Jawa Timur dengan Universitas Externado, Universitas Muhammadiyah Malang dengan Universitas EAFIT Medellin, dan yang sedang dalam proses adalah Unisinu dengan salah satu universitas di Indonesia.

Pendiri Universitas, Elias Bechara Zainum, adalah seorang figur ilmuwan yang sangat dihormati dalam dunia pendidikan di Kolombia. Sedangkan Unisinu adalah universitas swasta berakreditasi A yang memiliki tiga kampus di kota Monteria, Cartagena, dan Bogota.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Dubes Umar Hadi: Digitalisasi Produk Ekonomi Kreatif, Suatu Keniscayaan
Dunia

Dubes Umar Hadi: Digitalisas..

06 Maret 2021 21:38
Bertemu Ulama Syiah Irak Dan Kunjungi Tempat Kelahiran Nabi Ibrahim, Paus Berterima Kasih Kepada Umat Muslim
Dunia

Bertemu Ulama Syiah Irak Dan..

06 Maret 2021 18:48
Dalai Lama Tenzin Gyatso Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19, Ajak Pengikutnya Tak Ragu Divaksin
Dunia

Dalai Lama Tenzin Gyatso Ter..

06 Maret 2021 17:58
Menandai Hari Ke-100 Aksi Protes, Petani India Blokir Enam Ruas Jalan Tol
Dunia

Menandai Hari Ke-100 Aksi Pr..

06 Maret 2021 17:47
Konflik Myanmar Dan Jalan Buntu Dewan Keamanan PBB
Dunia

Konflik Myanmar Dan Jalan Bu..

06 Maret 2021 16:29
Ledakan Gas Alam Texas: Satu Rumah Terbakar, Sepuluh Luka-luka
Dunia

Ledakan Gas Alam Texas: Satu..

06 Maret 2021 15:38
Senegal Membara, Massa Lakukkan Protes Besar-besaran Atas Penangkapan Pemimpin Oposisi Ousmane Sonko
Dunia

Senegal Membara, Massa Lakuk..

06 Maret 2021 15:04
Spesialis Keamanan Komputer AS: 30.000 Organisasi Di Seluruh Amerika Serikat Diretas Unit Spionase Dunia Maya China
Dunia

Spesialis Keamanan Komputer ..

06 Maret 2021 14:21