Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum Cabut Larangan Terbang, Singapura Ingin Pastikan Boeing 737 MAX Benar-benar Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 11 Desember 2020, 16:29 WIB
Sebelum Cabut Larangan Terbang, Singapura Ingin Pastikan Boeing 737 MAX Benar-benar Aman
Boeing 737 MAX Singapore Airlines/Net
rmol news logo Singapura hanya akan mengizinkan Boeing 737 MAX kembali ke layanan jika telah dinyatakan aman oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS).

Sementara itu CAAS sendiri saat ini tengah meninjau berbagai aspek untuk menilai keamanan dan keselamatan pesawat tersebut.

"Kami perlu diyakinkan bahwa semua aspek keselamatan operasi Boeing 737 MAX telah ditangani," kata wakil direktur jenderal CAAS, Tay Tiang Guan dalam sebuah pernyataan pada Jumat (11/12).

Bulan lalu, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat (AS) telah mencabut larangan terbang Boeing 727 MAX setelah lebih dari 20 bulan di-grounded.

Pencabutan itu dilakukan seiring dengan perubahan desain dan pesyaratan baru bagi pilot yang akan meningkatkan keamanan pesawat.

"Petunjuk kelayakan udara FAA adalah tonggak penting untuk kembalinya layanan Boeing 737 MAX," ucap Tay.

"Kami akan mempertimbangkan kepatuhan terhadap arahan kelayakan udara dan persyaratan tambahan yang mungkin kami terapkan, sebelum kami mencabut penangguhan pada operasi Boeing 737 MAX," lanjut dia.

Karena pesawat perlu beroperasi melintasi perbatasan, Tay melanjutkan, CAAS juga akan terus bekerja sama dengan otoritas penerbangan sipil terkait untuk memastikan Boeing 737 MAX dapat kembali beroperasi dengan aman.

Pada Maret 2019, CAAS telah memerintahkan penangguhan sementara semua pesawat Boeing 737 MAX yang masuk dan keluar Singapura.

Penangguhan itu juga dilakukan oleh semua regulator penerbangan lain, setelah dua kecelakaan yang terjadi di Indonesia dan Ethiopia yang menewaskan 346 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA