Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Operasi Militer Berakhir, Ethiopia Lucuti Senjata Warga Tigray

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 Desember 2020, 11:39 WIB
Operasi Militer Berakhir, Ethiopia Lucuti Senjata Warga Tigray
Warga Ethiopia yang mengungsi ke Sudan/Net
rmol news logo Pemerintahan sementara di wilayah Tigray yang saat ini dikuasai oleh pemerintah federal Ethiopia tengah melucuti senjata yang dimiliki oleh warganya.

Mulai awal pekan depan, pihak berwenang meminta warga untuk menyerahkan senjata mereka ke kantor keamanan terdekat.

"Setiap orang yang diketahui memiliki senjata api setelah Selasa (15/12) akan dimintai pertanggungjawaban oleh hukum," ujar Pejabat Eksekutif Administrasi Sementara Mulu Nega dalam konferensi pers, seperti dikutip Anadolu Agency, Minggu (13/12).

Mulu menuturkan, pihak berwenang akan melakukan operasi pencarian senjata api ke setiap rumah warga mulai Rabu (16/12), termasuk di ibukota Mekelle.

Sementara itu, mulai Senin (14/12), ia mengumumkan Tigray akan melanjutkan aktivitas bisnis dan kegiatan lainnya seiring dengan berakhirnya operasi militer.

Konflik di Tigray pecah pada 4 November, ketika pemerintahan Perdana Menteri Abiy Ahmed melancarkan operasi penegakan hukum terhadap Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF).

Kemudian pada 28 November, Abiy Ahmed mengumumkan berakhirnya operasi tersebut karena pasukan federal telah menguasai Mekelle.

Konflik Tigray dipercaya telah memakan ribuan korban jiwa. UNHCR menyebut, sekitar 50 ribu warga Ethiopia mengungsi ke Sudan akibat konflik itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA