Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komitmen Paus Fransiskus, Vatikan Nol Emisi Karbon Pada Tahun 2050

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 13 Desember 2020, 14:06 WIB
Komitmen Paus Fransiskus, Vatikan Nol Emisi Karbon Pada Tahun 2050
Paus Fransiskus menegaskan kembali komitmen Vatikan untuk mengatasi masalah perubahan iklim/Reuters
rmol news logo Pemimpin Gereja Katolik Roma Paus Fransiskus berkomiten bahwa Vatikan akan bisa mencapai target nol emisi karbon pada tahun 2025. Dia mendorong negara-negara di dunia untuk juga menerapkan komitmen serupa.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Pandemi dan perubahan iklim saat ini, yang tidak hanya relevan secara lingkungan, tetapi juga secara etis, sosial, ekonomi dan politik, mempengaruhi, di atas segalanya, kehidupan yang paling miskin dan paling rapuh,” kata Paus Fransiskus dalam KTT Iklim PBB yang dilaksanakan secara virtual akhir pekan ini.

“Selain mengadopsi beberapa langkah yang tidak dapat ditunda lagi, diperlukan strategi untuk mengurangi emisi bersih menjadi nol,” sambungnya seperti dikabarkan Reuters.

Paus Fransiskus diketahui merupakan tokoh yang juga lantang menyuarakan soal pentingnya isu lingkungan dan perubahan iklim untuk mendapat perhatian sejak pemilihannya pada tahun 2013 lalu.

Dia juga menegaskan bahwa Vatikan berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon hingga nol pada tahun 2050 mendatang serta mengintensifkan upaya pengelolaan lingkungan dan melanjutkan penggunaan sumber daya alam secara rasional seperti air dan menanam lebih banyak pohon.

Bukan hanya itu, salah satu bentuk nyata dari komitmen tersebut adalah Vatikan sudah memasang panel surya sejak tahun 2008 dan melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai sejak tahun lalu.

Kini, Vatikan juga mendaur ulang 65 persen limbahnya dan bertujuan untuk mencapai 75 persen pada tahun 2023 mendatang.

Tidak sampai di situ, Vatikan pun kini sedang bersiap untuk mengganti semua mobil bermesin pembakarannya dengan kendaraan listrik atau hibrida. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA