Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bandit Bersenjata Culik Ratusan Siswa Di Nigeria, Orangtua Desak Sekolah Selamatkan Anak Mereka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 14 Desember 2020, 09:48 WIB
Bandit Bersenjata Culik Ratusan Siswa Di Nigeria, Orangtua Desak Sekolah Selamatkan Anak Mereka
Orangtua murid yang anak-anaknya diculik dari Sekolah Menengah Sains Pemerintah di Kankara/Net
rmol news logo Ratusan siswa hilang setelah orang-orang bersenjata menyerang sekolah menengah di negara bagian Katsina pada Jumat (11/12).

Serangan terhadap sekolah dan sekitarnya dimulai sekitar pukul 11 ​​malam dan berlangsung selama lebih dari dua jam. Hingga saat ini keberadaan mereka belum diketahui, membuat para orangtua murid sangat shock dan panik.
Orangtua murid berkumpul di halaman sekolah pada Minggu (13/12), memohon pihak berwenang mengerahkan upaya untuk menyelamatkan anak-anak mereka.

Murja Mohammed salah satu orangtua murid mengungkapkan ia  memohon bantuan pihak berwenang.

“Jika bukan pemerintah yang akan membantu kami, kami tidak memiliki kekuatan untuk menyelamatkan anak-anak kami,” katanya kepada Reuters, Senin (14/12)

Sekolah Menengah Sains Pemerintah di Kankara diserang oleh sekelompok besar bandit yang menembak dengan senapan AK-47. Juru bicara polisi Negara Bagian Katsina Gambo Isah mengatakan polisi terlibat dalam duel senjata dengan penyerang.

Beberapa siswa melarikan diri dengan memanjat pagar sekolah, kata Isah.

Sementara ratusan anak digiring penyerang memasuki hutan. Beberapa anak yang selamat diwawancarai oleh Reuters. Mereka mengisahkan bahwa mereka berhasil melarikan diri dari hutan tempat orang-orang bersenjata itu membawa mereka. Namun tidak diketahui pasti berapa banyak yang masih ditahan.

Hingga sekarang polisi belum mengetahui apa yang diinginkan kelompok itu, sementara pencarian dan penyelamatan masih terus berjalan.

"Polisi, Angkatan Darat Nigeria dan Angkatan Udara Nigeria bekerja sama dengan otoritas sekolah untuk memastikan jumlah sebenarnya dari siswa yang hilang dan / atau diculik," kata Isah. "Tim pencari sedang bekerja dengan tujuan untuk menemukan atau menyelamatkan siswa yang hilang."

Orang-orang bersenjata itu dikatakan berjalan ke sekolah dengan berjalan kaki dan menculik para siswa.
Mengutip seorang polisi yang tidak disebutkan namanya, beberapa laporan mengatakan pria bersenjata itu membunuh seorang petugas polisi dan penjaga gerbang.

Sejak dilaporkan ada penyerangan di sekolah yang dilanjutkan dengan menghilangnya siswa-siswa, orangtua murid bergegas ke sekolah untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Banyak dari mereka yang terus berdiam di sekolah menunggu kabar sambil menyerukan doa, di antaranya bahkan menangis.

“Sejak kemarin saya di sini, berdoa agar Allah SWT menyelamatkan anak-anak kami,” kata Abubakar Lawal orangtua murid yang datang dari Zaria, di selatan Kankara. Raut wajahnya menyiratkan kecemasan yang luar biasa.

Nigeria telah lama menghadapi serangan geng bersenjata, yang secara luas disebut sebagai bandit. Mereka biasanya menyerang warga sipil, mencuri atau menculik mereka untuk mendapatkan uang tebusan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA