Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Singapura Beri Izin Penggunaan Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 14 Desember 2020, 18:42 WIB
Singapura Beri Izin Penggunaan Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong/Net
rmol news logo Singapura telah memberikan izin penggunaan vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech.

Hal itu diungkap oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam pidatonya yang disiarkan di televisi pada Senin (14/12).

"Setelah mempelajari bukti ilmiah dan data uji klinis, Otoritas Ilmu Kesehatan (HAS) telah menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech untuk penggunaan pandemi," kata Lee, seperti dikutip ABC News.

Lee mengatakan, pengiriman vaksin Pfizer pertama akan dilakukan pada akhir bulan ini.  

"Kami mengharapkan vaksin lain tiba dalam beberapa bulan mendatang. Jika semua berjalan sesuai rencana, kami akan memiliki cukup vaksin untuk semua orang di Singapura pada kuartal ketiga 2021," tambahnya.

Menurut Lee, vaksinasi akan diberikan secara gratis kepada seluruh warga negara dan penduduk jangka panjang. Meski begitu program tersebut bersifat sukarela.

Ia juga mengatakan, vaksinasi akan diprioritaskan untuk petugas kesehatan, personel garis depan, dan orang tua serta kelompok rentan lainnya.

Beberapa menteri kabinet yang lebih tua juga akan divaksinasi lebih awal sebagai demonstrasi bahwa vaksin terbukti aman.

"Sekarang vaksin tersedia, kita dapat melihat cahaya di ujung terowongan," ucap Lee.

"Semakin banyak dari kita yang divaksinasi, semakin sulit virus itu menyebar, dan semakin aman kita semua sebagai masyarakat," imbuhnya.

Lee mengatakan, pemerintah telah menganggarkan lebih dari 1 miliar dolar Singapura untuk vaksin. Mereka juga telah melakukan kesepakatan dengan berbagai mitra selain Pfizer, seperti Moderna dan Sinovac.

Sejauh ini, Singapura sudah berhasil mengendalikan wabah dengan baik, di mana kasus sudah turun hingga di bawah 10 per hari. Singapura sudah mengonfirmasi 58.320 kasus Covid-19 dengan 29 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA