Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MUI Dukung Kemlu RI, Segala Kerjasama Dengan Israel Harus Ditolak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Selasa, 15 Desember 2020, 07:27 WIB
MUI Dukung Kemlu RI, Segala Kerjasama Dengan Israel Harus Ditolak
Menlu Retno LP Marsudi/Net
rmol news logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Luar Negeri, khususnya kepada Menlu Retno LP Marsudi yang bersikap tegas, jelas dan konsisten dalam menjalankan politik luar negeri Indonesia yang sejak awal anti penjajahan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut MUI, setiap negara memiliki hak untuk mengakui dan membangun hubungan diplomatik dengan Israel. Namun Indonesia diminta untuk tetap konsisten dan konsekuen dengan identitas sebagai  bangsa yang menentang dan anti penjajahan.

Demikian dikatakan Ketua Bidang Luar Negeri MUI, Sudarnoto Abdul Hakim, dalam perbincangan dengan redaksi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa pagi (15/12).

“Kita meyakini sepenuhnya bahwa penjajahan itu tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Oleh karena itu, jika penjajahan yang dilakukan oleh Israel terhadap tanah air dan rakyat Palestina dibiarkan, maka  persaudaraan dan perdamaian internasional jelas tidak akan bisa tercapai,” ujarnya.

Dia menambahkan, masyarakat dunia harus tahu bahwa keyakinan serta pandangan tegas bangsa Indonesia yang menolak imperialisme adalah salah satu prinsip pokok dari politik luar negeri Republik Indonesia sejak merdeka.

Oleh karena itu, sambungnya, sebagai sodiqul hukumah atau mitra pemerintah, MUI tetap mengingatkan pemerintah dan bangsa Indonesia agar jangan sampai karena pertimbangan ekonomi, misalnya, Indonesia  mengorbankan apa yang telah menjadi sikap dan kepribadian serta keyakinan selama ini.

“Semua upaya kerjasama termasuk kerjasama bidang ekonomi dengan Israel harus ditolak. Semua orang sudah tahu bahwa Israel adalah negara penjajah dan telah menjajah tanah air dan rakyat Palestina dalam waktu yang lama,” sambungnya.

Sudarnoto juga mengatakan, pihaknya meminta Kemlu dan Melu Retno Marsudi untuk terus berjuang di pentas dunia  bagi kemerdekaan rakyat Palestina. Adapun MUI akan senantiasa memberikan dukungan sepenuhnya terhadap upaya melawan imperialisme Israel.

“Terkait dengan isu-isu yang berkembang akhir-akhir ini  MUI tentu saja menyampaikan ucapan terima kasih karena apa yang telah meresahkan masyarakat luas akhir-akhir ini tentang hubungan Indonesia dan Israel sudah terjawab dengan penjelasan dan ketegasan sikap dari Kemenlu dan Ibu Menlu,” demikian Sudarnoto Abdul Hakim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA